Maskapai Citilink Usir Penumpang Merokok Dari Pesawat

Momen saat Maskapai Citilink Usir Penumpang Merokok Dari Pesawat yang cukup alot.
Momen saat Maskapai Citilink Usir Penumpang Merokok Dari Pesawat yang cukup alot.

Awanjakarta.com – Petugas maskapai penerbangan Citilink Indonesia kemarin memang sudah terpaksa harus menurunkan salah seorang penumpangnya karena merokok saat pesawat sedang mengisi bahan bakar. Momen maskapai Citilink usir penumpang merokok dari pesawat ini patut diapresiasi.

Vice President Corporate Communication Citilink Indonesia, Benny Butarbutar, telah mengatakan jika kejadian tersebut terjadi pada Ahad, 25 Februari 2018 kemarin. Penurunan paksa penumpang itu terpaksa dilakukan sesaat sebelum penerbangan terakhir Citilink Indonesia dengan kode penerbangan QG 156 tujuan Halim – Denpasar dengan jadwal penerbangan pukul 21.35 WIB.

“Pada saat keluar dari boarding gate menuju pesawat, penumpang tersebut terlihat merokok bahkan masih ia teruskan saat menaiki tangga pesawat,” jelas Benny dalam keterangan tertulis hari Senin, 26 Februari 2018. Pada saat yang bersamaan, pesawat yang akan digunakan sedang mengisi bahan bakar avtur (refueling) dan posisinya dekat dengan engine.

Benny menegaskan jika kondisi tersebut sangat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan, bukan hanya berbahaya bagi sang penumpang saja. Begitu mendengar kejadian tersebut, pihak petugas keamanan bandara (aviation sevurity-avsec) yang juga melibatkan petugas POM bandara segera bergerak cepat dan mengambil tindakan tegas.

Benny menjelaskan jika pada saat petugas keamanan yang didampingi pihak Citilink lalu mendatangi penumpang tersebut di bangkunya dan meminta untuk turun dari pesawat. Suasana sendiri sempat alot karena penumpang tersebut melawan dengan menolak diturunkan dari pesawat dan terjadi adu mulut dengan petugas.

Benny menyebutkan jika pihak Citilink Indonesia tak akan menolerir sikap penumpang nakal tersebut. “Perilakunya jelas-jelas dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan. Dalam industri airlines, kami harus bisa memastikan jika tidak ada satupun aturan keselamatan yang dilanggar sehingga operasional penerbangan dapat berjalan dengan aman, lancar dan nyaman bagi penumpang.”

This guy was smoking in the plane before we take off to bali….what u learn from that? …better listen to the rules hahaIg:bantoine2

Posted by Manuel Buchacher on Sunday, February 25, 2018

Maskapai Citilink Usir Penumpang Merokok Dari Pesawat viral

Kejadian maskapai Citilink usir penumpang merokok dari pesawat itu ternyata direkam oleh penumpang lain dan ikut dibagikan hingga menjadi viral. Pemilik akun ‎Manuel Buchacher‎ membagikan video tersebut melalui salah satu FP dengan caption,“Orang ini merokok di pesawat sebelum kita pergi ke Bali… Apa yang kau pelajari dari hal itu? Lebih baik dengarkan aturan. Hahahaha.”

Postingan tersebut sontak viral dan dikomentari beragam oleh netizen Tanah Air. Umumnya netizen tidak setuju dengan sikap sang perokok. Postingan ini telah dibagikan hingga 14.325 kali hari ini, Senin (26/02/2018).

“Entah cari sensasi, memang benar benar tidak tahu, atau sengaja membuat dirinya tampak Bodoh. Yang jelas dari cara bicaranya bukan orang yang kurang berpendidikan. Sign (tanda) diatas kepalanya sudah jelas berderet dari baris pertama sampai terakhir lho GAMBAR ROKOK DI CORET. Tanda DILARANG MEROKOK,” tulis pemilik akun Maya Purnamihaju Artanty.

“Mbok sabar mas, kalo memang mau merokok tunggu setelah Take Off dan pesawat sudah berada diatas ketinggian 10.000 kaki. Silahkan merokok DIATAS pesawat. Boleh kok,” lanjutnya lagi.

“Ya beginilah negeri Indonesia. Ada banyak berbagai macam kelakuan yang bikin miris, udah jelas aturan peringatan dilarang tetap saja dilanggar. Coba dia berani gitu diluar negeri, gak usah jauh-jauh, Di Singapore saja. Pasti langsung dipenjara, No excuse,” sambut pemilik akun Adhi Martana.

“Lu pikir naek angkot kali. Bisa bebas ngerokok. Mukanya tidak ada rasa bersalahnya lagi,” tulis Chevy W. “Welcome to the Jungle,” sambut pemilik akun Civilianz Wayz. Awan Jakarta. YPWS.