Wajib Baca! Ini Daftar Modus Penipuan di Media Sosial

9

- Wajib Baca! Ini Daftar Modus Penipuan di Media Sosial

Awan Jakarta – Wajib baca! Penipuan di media sosial kian marak setiap harinya. Aksi ini turut hadir pada sejumlah layanan yang ditawarkan selain informasi berita HOAX. Berikut daftar modus penipuan di media sosial.

  1. Aplikasi ‘Facebook Color Changer’

Aplikasi ini tawarkan opsi mengubah warna tampilan FB untuk situs suka-suka. Jika terjebak, pembuat aplikasi ini memungkinkan untuk bajak akun user.

  1. Aplikasi ‘Who Viewed Your Facebook Profile’

Fitur ini sangat identik dengan Friendster dan mulai populer juga di Facebook. Jangan terkecoh jika ada yang tawarkan fitur tersebut. Sebab, scam mengancam yang pada akhirnya digiring ke situs tertentu.

  1. Video FB judul bombastis

Ini terkait berita HOAX yang memanfaatkan peristiwa khusus. Jika diklik, user akan digiring ke situs survei atau iklan. Pengunggah video lebih diuntungkan.

  1. Video vulgar di FB

Bukan rahasia lagi jika ada konten yang berbauk ‘seks’ biasanya laris manis. Padahal, ujungnya sinis. User akan digiring ke laman tertentu sesuai kehendak yang menjebak.

  1. Aplikasi InstLikeapp di Instagram

Hadir di Instagram, aplikasi ini tawarkan layanan untuk menambah jumlah Like di foto terunggah. Sayangnya, aplikasi ini curi kata sandi pengguna yang terjangkit.

  1. Aplikasi Twitter Instant Followers

Jangkit warga Twitter, layanan inii tawarkan jumlah follower berlimpah. Jika terinfeksi, user bisa berkicau sendiri sebar spam tanpa diketahui atau izin mereka!

  1. Penipuan dengan umpan

Terjadi di Twitter, satu kicauan dibuat sedemikian rupa agar menarik user. Misalkan saja, ‘Aku baru saja melihat fotomu ini + tautan’. Link berbahaya disematkan dengan tujuan jahat.

  1. Permainan kencan di Tumblr

Layanan palsu ini memikat dengan embel-embel kencan. User terpikat akan dibawa ke laman iklan atau situs dewasa yang hasilkan pendapatan bagi scammer.

  1. Posting palsu di Pinterest

Postingan palsu ini tawarkan hadiah yang memancing gairah user. Jika mereka berhasil dipikat maka akan digiring ke situs survei palsu atau phishing. YLWS.