Bahaya Anak Sering Tidur Larut Malam Yang Mengejutkan

26
Bahaya Anak Sering Tidur Larut Malam yang Mengejutkan
Bahaya Anak Sering Tidur Larut Malam yang Mengejutkan

Apakah buah hati Anda di rumah sangat susah tidur saat malam? Apa anak Anda juga terbiasa tidur terlalu larut malam? Jika iya, pastikan untuk menasehati dan membantu buah hati agar ia tidak terbiasa tidur terlalu larut malam.

Kenapa hal itu harus diperhatikan? Nah, laman asiantown.net telah mengabarkan jika para ahli menemukan bahwa anak-anak yang terbiasa tidur terlalu larut malam ‘SECARA PERLAHAN AKAN KEHILANGAN KECERDASAN’. Ia bahkan akan berisiko menderita penyakit mematikan saat ia dewasa nantinya.

Disampaikan bahka anak-anak yang terbiasa tidur terlalu larut malam secara tidak sadar akan mengalami masalah pada psikologisnya. Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa kurang tidur akan sangat berbahaya bagi kesehatan mereka.

Ancaman kerusakan otak Anak

Yang lebih mengerikan dan menyedihkan lagi, bahaya ini bahkan dua kali lipat lebih besar untuk anak-anak. Kurang tidur atau terbiasa tidur terlalu larut malam malah akan meningkatkan terjadinya kerusakan pada otak mereka. Tidur terlalu larut malam juga sangat mungkin membuat seseorang khususnya anak-anak mengalami penurunan kemampuan mengingat serta berpikir mereka.

Para ahli mengungkapkan jika idealnya seseorang tidur selama 8 jam setiap harinya. Kurang dari waktu itu bisa saja sangat berbahaya buat kesehatan. Juga diingat, lebih dari itu juga sangat berbahaya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di University Hospital of Zurich ikut menemukan bahwa buah hati yang kekurangan waktu tidur atau terbiasa tidur larut malam akan sangat mudah kehilangan kecerdasannya. Mereka juga akan sangat mungkin mengalami masalah pada emosinya atau kesulitan mengendalikan emosi.

Embed from Getty Images

Salome Kurt, penulis jurnal yang dipublikasikan di Fronteirs in Human Neuroscience mengatakan jika, “Selama tidur, ada banyak hal yang terjadi di otak manusia. Tidur akan membuat otak istirahat dan ini memungkinkan seseorang menyimpan memori dengan baik.”

“Tidur juga merupakan proses pematangan otak yang sangat diperlukan. Jika seseorang tak memiliki tidur cukup, tentu hal ini akan mempengaruhi proses tersebut. Ini juga sangat mungkin membuat seseorang mengalami masalah pada otaknya. Bagi anak-anak, ia bisa sangat mudah kehilangan kemampuan berpikirnya atau malah kehilangan kecerdasannya.”

Sementara itu, Prof Monique LeBourgeois dari University of Colorado Boulder dan Prof Sean Deoni dari Brown University juga mengatakan jika, “Anak-anak sangat membutuhkan tidur cukup setiap harinya. Mereka sangat tidak dianjurkan tidur larut malam karena hal ini akan mempengaruhi jam biologisnya dan mempengaruhi kesehatan fisik maupun psikis mereka.”

“Sebisa mungkin, orang tua harus memastikan anak tidur tepat waktu setiap harinya,” pungkasnya. Hal ini memang perlu konsistensi dari para orangtua juga untuk suksesnya.

Selain harus hindari kebiasaan tidur terlalu larut, ia juga sangat perlu mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup serta terbebas dari berbagai masalah yang bisa membuatnya stres. Peran serta kedua orangtua secara aktif sangat diperlukan. Awan Jakarta. YPWS.