Bahaya Suka Kunyah Es Batu Terhadap Tubuh Yang Perlu Diketahui

Es Batu, Gigi, Mulut
Artikel Kesehatan - Meski banyak yang suka kunyah es batu, namun hal ini punya dampak tidak baik juga.

Awanjakarta.com – Bahaya suka kunyah es batu terhadap tubuh harus diketahui oleh Anda atau teman yang menyukai kebiasaan unik ini. Meski cukup jarang, namun kebiasaan ini kerap ditemui pada beberapa orang.

Kebiasaan mengunyah es batu ternyata memang bisa mempengaruhi kesehatan gigi Anda. Bukan hanya mempengaruhi kesehatan gigi saja, laman Times of India, mengabarkan pada Jumat (21/9), jika kebiasaan yang satu ini bisa memicu beberapa masalah kesehatan yang harus diperhatikan.

Berikut masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat kebiasaan suka kunyah es batu:

  • Penurunan suhu tubuh. Jika es yang dikonsumsi jumlahnya sangat banyak maka hal itu jelas berpengaruh pada kondisi suhu tubuh. Suhu tubuh Anda bisa turun sampai lebih rendah dari normal, hingga membahayakan kesehatan.
  • Menimbulkan Anemia. Kebiasaan makan es batu juga bisa menimbulkan amenia atau masalah kurang darah yang bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Jenis anemia yang dipicu oleh kebiasaan suka kunyah es disebut Iron Deficiency Anemia anemia karena kurangnya zat besi pada tubuh.
  • Pica. Pica sendiri merupakah istilah medis untuk orang yang punya kebiasaan makan hal-hal yang tidak normal dan bukan makanan pada umumnya. Untuk kebiasaan makan es atau salju, istilahnya medisnya adalah Pagophagia. Ini adalah masalah yang diderita secara psikis, sehingga Anda harus berkonsultasi dengan psikiater untuk bisa menyembuhkannya.
  • Menimbulkan masalah pada gigi. Suhu dingin malah bisa membuat erosi terjadi pada enamel lapisan gigi, dan memicu gigi menjadi lebih peka atau sensitif terhadap makanan atau minuman tertentu. Dampaknya, gigi secar perlahan akan terasa ngilu jika minum atau makanan yang terlalu dingin atau panas seperti makan es krim.

Konsumsi es atau suka kunyah es dalam jumlah yang normal tidak terlarang, namun jangan berlebih dan tidak pula dikunyah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Terima Kasih. Awan Jakarta. YPWS.