Bahaya Terlalu Sering Makan Jeroan Bagi Tubuh Manusia

Bahaya Terlalu Sering Makan Jeroan Bagi Tubuh Manusia

Awanjakarta.com –¬†Bahaya terlalu sering makan jeroan bagi tubuh wajib Anda ketahui. Bukan rahasia lagi jika banyak dari kita yang menggemari makanan yang satu ini.

Jeroan sendiri merupakan organ bagian dalam hewan yang siap diolah menjadi berbagai jenis masakan. Organ dalam yang dimaksud adalah berupa otak, babat, lidah, usus, hati, paru, jantung, dan limpa.

Di Indonesia sendiri sangat banyak makanan olahan tradisional dengan bahan-bahan dari jeroan yang menggugah selera. Soto babat, tongseng, gulai daging kambing atau sapi, dan lain-lain kerap menjadi pilihan favorit keluarga.

Bukan hanya di Indonesia saja, bagian dalam tubuh hewan juga kerap menjadi bahan makanan favorit di negara lain. Inggris dilaporkan The Independent termasuk negara dengan ragam olahan bahan dalam ini.

Mengonsumsi jeroan dalam jumlah yang normal sebenarnya masih bermanfaat bagi tubuh manusia untuk proses metabolisme. Bagaimana tidak, jeroan mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin A, B, D, E, K, zinc, zat besi, magnesium, dan selenium.

Selain deretan nutrisi tersebut, jeroan juga punya senyawa purin tinggi serta mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Kalau tubuh Anda tengah dalam kondisi fit, makan bahan ini oke-oke saja dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi daging ayam, sapi atau jenis daging lain tanpa lemak. Jika Anda penggemar jeroan dan kerap merasakan sakit tertentu, sebaiknya mengurangi atau stop makan makanan ini.

Berikut beberapa gangguan kesehatan akibat banyak makan jeroan:

  • Gangguan penyakit asam urat.
  • Gangguan kesehatan akibat kelebihan vitamin A.
  • Gangguan kesehatan akibat Kolesterol tinggi.

Gangguan penyakit asam urat. Semakin banyak kandungan purin dalam makanan yang dikonsumsi, semakin tinggi pula kadar asam urat yang dihasilkan oleh tubuh yang bisa merugikan kesehatan. Hal ini kemudian membentuk kristal padat di persendian yang berujung peradangan dan rasa sakit. Kesimpulan: Penderita asam urat hindari makanan ini.

Gangguan kesehatan akibat kelebihan vitamin A. Vitamin A yang terkandung dalam jeroan sangat tinggi (batas per hari 10.000 IU). Mengonsumsi jeroan dapat menyebabkan penumpukan vitamin A di dalam tubuh jika sering dilakukan. Muntah, mual, sakit kepala, diare dan kerusakan hati jadi bahaya yang mengancam dari kelebihan vitamin A.

Gangguan kesehatan akibat Kolesterol tinggi. Lemak memang dibutuhkan tubuh, tapi tetap jumlah konsumsinya tidak boleh berlebihan. Konsumsi lemak berlebih bisa membentuk plak di pembuluh darah Anda yang bisa berujung pada penyakit jantung yang berbahaya.

So, jika Anda sehat tetap saja harus tidak sering mengonsumsi makanan dengan bahan ini. Jika Anda penderita asam urat, jelas harus menghindarinya. YPWS.