Daftar Benda Penuh Bakteri Di Restoran Yang Perlu Diwaspadai

Daftar Benda Penuh Bakteri Di Restoran Yang Perlu Diwaspadai
Daftar Benda Penuh Bakteri Di Restoran Yang Perlu Diwaspadai

Memang tidak semua restoran atau rumah makan yang memiliki standar kebersihan baik, terutama restoran yang kerap dipenuhi pengunjung dengan lokasi cenderung terbuka. The Doctor TV Show, sebuah tayangan di televisi yang dibawakan oleh tim medis profesional, pernah menyelidiki tempat yang paling kotor atau benda penuh bakteri di restoran.

BACA JUGA: Bahaya Minum Es Batu Berbakteri Bisa Sebabkan Kematian.

Dikabarkan jika restoran yang menjadi tujuan penelitian ialah restoran umum, seperti kantin, restoran dengan tempat yang paling banyak pengunjung, dan restoran karyawan. Mereka lantas mengambil beberapa barang di atas meja seperti perlengkapan makan, tempat menyimpan bumbu, buku menu, bahkan meja makan itu sendiri, dan mengirimkannya ke ABC Labs.

Embed from Getty Images

Setelah dilakukan uji laboratorium, ternyata memang ada barang paling banyak mengandung bakteri di restoran. Berikut Daftar Benda Penuh Bakteri Di Restoran Yang Perlu Diwaspadai:

  1. Botol saus dan kecap. Tim dokter menemukan ternyata ada banyak bakteri di tutup atau di ujung botol kecap dan saus. Bahkan, ada sangat banyak bakteri di ujung botol yang tidak pernah ditutup sama sekali. Disarankan agar memeriksa tutup atau ujung botol saus dan kecap sebelum menggunakan. Hindari menggunakan saus dengan ujung botol yang sudah menghitam akibat kotor atau berjamur.
  2. Buku menu. Buku menu? Ya, Buku menu adalah benda yang paling kotor yang ada di restoran. Tim dokter menemukan bahwa buku menu tertutup oleh bakteri. Bila bakteri terlihat seperti pasir, mungkin buku menu itu ibarat buku yang telah ditutupi oleh pasir. Buku menu bukanlah benda yang rutin dibersihkan, bahkan tidak pernah dibersihkan kecuali benar-benar terlihat kotor, seperti terciprat air minum. Cucilah tangan setelah Anda memegang buku menu, terlebih bila Anda menggunakan tangan untuk memegang makanan.
  3. Alat makan. Disarankan, Anda tidak meletakkan sendok di atas meja makan atau tidak langsung menggunakan sendok dan piring di kantin tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Demi menghindari bakteri, kuman, bahkan debu pada alat makan yang tidak disimpan di tempat bersih dan tertutup, bersihkan dengan serbet atau tisu bersih. Meskipun tim dokter mencatat bahwa banyak dari kuman dan bakteri yang tidak perlu Anda khawatirkan terlalu berlebihan. Namun tetap, mengelap peralatan makan dan mencuci tangan sesaat sebelum makan, bisa menjauhkan Anda dari bakteri penyebab penyakit umum, seperti diare dan infeksi saluran napas seperti batuk pilek.

Demikian informasi kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa dengan kebiasaan cuci tangan sebelum dan sesudah makan jika menggunakan tangan. Tularkan juga kebiasan Anda ke anak-anak agar terbiasa hidup sehat sejak usia dini. Awan Jakarta. YPWS.