Cara Alami Berhenti Merokok Yang Patut Anda Coba

Cara Alami Berhenti Merokok Yang Patut Anda Coba
Cara Alami Berhenti Merokok Yang Patut Anda Coba

Berhenti merokok dipercaya masyarakat mainstream susah dilakukan oleh orang yang terlanjur kecanduan. Namun sejatinya ada beberapa cara alami untuk berhenti merokok.

Asap rokok beserta racun yang terkandung di dalamnya, secara langsung akan menurunkan fungsi paru-paru. Oleh sebab itu, seringkali pecandu rokok ditemui mengalami kanker paru-paru yang bisa menjalar ke bagian tubuh lain. Hal ini diketahui para pecandu, namun umumnya mereka berusaha untuk selalu mengelak dari kenyataan.

Para perokok juga sejatinya sudah tahu jika kebiasaan mereka merokok itu adalah hal yang tidak baik, namun banyak yang tidak mau menghentikan dengan banyak alasan. Budaya merokok di Indonesia yang sangat kuat sejak masa usia sekolah ikut menjadi penghalang.

Ada beberapa cara alami yang dapat dipakai untuk menunjang keberhasilan berhenti merokok. Dikutip dari laman Care2, setidaknya ada lima hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Memijat diri sendiri (self massage). Pijatan yang difokuskan pada telinga dan tangan dapat mengurangi kecanduan merokok, meningkatkan mood, dan pada akhirnya mengurangi asupan rokok yang dihisap.
  2. Berolahraga. Berolahraga secara teratur dengan intensitas yang ringan dapat menekan rasa lapar menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychopharmacology di tahun 2004. Efeknya untuk menghentikan kebiasaan merokok adalah mengurangi gejala kecanduan tembakau sekaligus menurunkan keinginan untuk menghisapnya.
  3. Jus jeruk nipis atau lemon. Khasiat minum jus jeruk nipis atau lemon untuk sarana berhenti merokok dikaji melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Association of Thailand. Studi di tahun 2012 itu menemukan, jeruk nipis atau lemon membantu perokok yang ingin berhenti agar bisa meninggalkan rokok dengan mudah.
  4. Lada hitam. Bumbu dapur ini bisa pula digunakan untuk membantu perokok untuk berhenti. Aroma yang dihirup dari minyak esensial lada hitam dapat menekan keinginan untuk merokok. Demikian menurut studi kecil di tahun 1994.
  5. Akupuntur. Akupuntur, termasuk akupresur, bisa memengaruhi tubuh untuk memperbaiki diri. Beberapa masalah yang bisa ditangani adalah insomnia, kecemasan, mudah marah, batuk, mulut kering, kelelahan, hingga depresi. Sementara itu, menurut sebuah studi, akupuntur dapat secara langsung menurunkan keinginan merokok dengan menurunkan gejala kecanduan nikotin. Awan Jakarta. YPWS.