Cara Aman Menghilangkan Bulu Hidung, Stop Sembarang Cabut

Cara Aman Menghilangkan Bulu Hidung, Stop Sembarang Cabut

Awanjakarta.com – Cara Aman Menghilangkan Bulu Hidung, stop asal-asalan atau sembarang cabut. Ya, upaya menghilangkan bulu hidung itu ada aturannya dan Anda tidak bisa melakukan hal ini secara sembarangan jika tak ingin kena masalah.

Mencabut dengan menggunakan cara yang tidak benar malah akan melukai hidung bagian dalam. Jangan anggap remeh, karena hal ini dapat memicu terjadinya infeksi yang merugikan kesehatan.

Perlu diketahui, bulu hidung meski sepele tetap memiliki peranan penting dalam menyaring udara yang kita hirup sehari-harinya. Adanya bulu hidung membuat debu, beragam serangga kecil, beragam bakteri dan virus yang ada di udara jadi bisa disaring dengan baik. Semua elemen berbahaya itu jadi tidak mudah begitu saja masuk ke dalam paru-paru kita.

Walaupun memiliki manfaat untuk kesehatan, tetap saja sebagian orang masih merasa kurang nyaman dengan kehadiran bulu hidung yang terlalu panjang atau bahkan yang ‘genit’ keluar dari hidung. Rasa percaya diri jadi terganggu karena penampakan bulu hidung yang menantang dunia.

Berikut cara aman menghilangkan bulu hidung yang bisa Anda ketahui:

  • Dengan cara Waxing
    Mencabut bulu hidung dengan cara manual sangat tidak dianjurkan, sama juga dengan menggunakan waxing. Kedua cara ini dapat menyebabkan bulu hidung jadi tumbuh ke dalam dan rentan untuk alami infeksi.

Apabila Anda ingin tetap melakukan waxing di rumah, jangan lupa ikuti petunjuk penggunaan secara benar. Disarankan untuk mengaplikasikan wax hanya pada bagian tepi lubang hidung saja. Hal ini untuk menghindari kemungkinan malah melukai lapisan kulit dalam hidung. Jika area hidung tersebut terasa perih pasca waxing, kompres dengan handuk hangat. Hal ini dapat meredakan nyeri sekaligus membantu proses penyembuhan pasca proses waxing.

  • Dengan menggunakan gunting khusus
    Naah, cara paling aman untuk menghilangkan bulu hidung yang memberontak keluar adalah dengan memotong menggunakan gunting khusus. Gunting ini memiliki ujung yang bulat dan tumpul sehingga mampu mempermudah proses menggunting tanpa harus melukai kulit area sekitar hidung.

Disarankan untuk posisi duduk atau berdiri di depan cermin dengan pencahayaan yang terang selama proses ini. Bersihkan hidung dari kotoran hidung yang menempel. Setelah hidung bersih, gunting bulu hidung dengan tidak buru-buru. Setelah selesai, keluarkan napas cepat dari hidung agar bulu hidung yang sudah tercukur dapat keluar dengan tenang. Disarankan untuk melakukan pencukuran bulu hidung pada bagian tepinya saja tanpa harus habis-habisan jauh ke bagian dalam.

  • Menggunakan Laser hair removal
    Laser hair removal bisa menjadi pilihan, namun keamanan dari laser ini masih menjadi perdebatan di beberapa kalangan. Hal itu karena kemungkinan malah dapat melukai selaput lendir dalam rongga hidung yang justru diperlukan. Pastikan bahwa tindakan laser hair removal dikerjakan oleh dokter kulit (dokter sebenarnya), agar efek samping seperti iritasi ataupun selaput lendir terluka bisa
    dihindari.

Menghilangkan bulu hidung boleh saja Anda lakukan. Meski oke-oke saja untuk menjaga penampilan, namun hindari melakukan hal ini secara sembarangan. Hindari juga melakukan hal ini secara berlebihan. Fungsi bulu hidung mau bagaimana juga tetap penting untuk menyaring udara yang masuk ke tubuh kita. Awan Jakarta. YPWS.