Foundation Bisa Menutup Pori-Pori & Bikin Jerawatan?

foundation-bisa-menutup-pori-pori-bikin-jerawatan

Awanjakarta.com – Foundation bisa menutup pori-pori & bikin jerawatan? Hal ini ternyata harus mendapat perhatian khusus dari para wanita.

Jika Anda termasuk wanita yang sangat perhatian dengan penampilan, wajar jika sudah akrab dengan yang namanya foundation. Sebagai alas bedak yang berfungsi menyamarkan bintik hitam dan meratakan warna kulit, foundation memang sanggup menutup kulit asli Anda.

Namun masih banyak yang khawatir juga kalau foundation sebenarnya justru menutup pori-pori sehingga susah bernafas dan pada akhirnya malahu bisa menimbulkan jerawat yang tidak diinginkan. Lantas, apakah Anda harus menghindari penggunaan foundation tersebut?

Terkini, Dr. Arash Akhavan, MD, FAAD, founder dan pemilik The Dermatology & Laser Group New York telah mengatakan dalam SheFinds bahwa yang namanya debu, keringat, minyak dan makeup memang sejatinya bisa berkontribusi menutupi pori-pori sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan mengalami pembengkakan dan bahkan sampai menimbulkan jerawat.

Gaya hidup.

Namun perlu dicamkan bahwa tentu saja setiap wanita memiliki tipe kulit berbeda dan menunjukkan reaksi berbeda pula pada setiap produk foundation. Ada yang bisa cocok dengan produk A, ada yang tidak. Wanita dengan kulit berminyak dan pori-pori besar berpeluang jadi lebih sering mengalami masalah kulit dibanding mereka dengan kulit normal.

Perlu diperhatikan juga jika gaya hidup, kebiasaan buruk dan kurang bersihnya seseorang juga bisa mempengaruhi timbulnya masalah kulit, jadi tidak selalu salah foundation. Dokter Arash lantas menyarankan untuk mencari foundation yang cocok dengan kulit. Selalu bersihkan make up setelah di rumah dan sebelum tidur juga untuk menghindari masalah tersebut.

Jika keadaan kulit sebelumnya sudah berjerawat, disarankan untuk menghindari penggunaan foundation dulu. Jika tetap masih mau memakainya, sebaiknya diterapkan tipis saja sehingga pori-pori tetap bisa bernafas. Setiba di rumah, segera hapus make up dan rutin pakai masker untuk menghilangkan jerawat yang tak diinginkan. Selama tidak ada masalah, Anda tidak perlu cemas. YPWS.