Gejala Awal Kanker Serviks yang Malah Sering Dianggap Remeh

Gejala Awal Kanker Serviks yang Malah Sering Dianggap Remeh dalam artikel ini patut untuk dicermati.
Gejala Awal Kanker Serviks yang Malah Sering Dianggap Remeh dalam artikel ini patut untuk dicermati.

Yang namanya penyakit kanker menjadi hal menakutkan pada semua orang, karena bisa datang kapan saja. Gejala Awal Kanker Serviks termasuk salah satu yang patut diwaspadai sebelum terjadi.

Pada umumnya, penderita kanker baru menyadari jika ia terdampak malah setelah kanker tersebut sudah berada pada stadium lanjut. Hal ini juga berlaku pada kanker serviks, yang gejala awalnya cenderung kondisi yang oleh banyak orang dianggap merupakan gejala biasa saja.

Sosok Matthew Anderson, MD, PhD, yang merupakan asisten profesor ginekologi dari Baylor College of Medicine telah menyebutkan, bahkan tidak ada gejala khusus pada tahap awal kanker mematikan bagi kaum perempuan tersebut.

Centers for Disease Control and Prevention dan American Cancer Society telah merekomendasikan kepada semua perempuan agar mau melakukan tes papsmear ketika sudah mulai aktif secara seksual. Hasil tes tersebut bisa mengungkap adanya indikasi petumbuhan sel yang tidak normal, agar bisa dilakukan penanganan medis yang tepat dan cepat.

Nah, penyakit kanker bisa dideteksi sejak dini dengan memperhatikan gejala berikut ini yang cenderung dianggap sepele. Gejala Awal Kanker Serviks yang Malah Sering Dianggap Remeh:

  1. Mudah terasa lelah. Anderson mengungkap jika gejala lain kanker serviks ialah mudah merasa kelelahan dan akan lebih lamban beraktivitas dari biasanya.
  2. Pendarahan yang tidak umum. Anda harus curiga jika darah menstruasi keluar tidak seperti biasanya karena dapat mengindikasikan gejala kanker serviks, seperti diungkap oleh Joshua Cohen, MD, ahli kebidanan di UCLA. Pendarahan ini bisa terjadi saat menstruasi maupun ketika sedang berhubungan intim. Waspadai juga saat pendarahan terjadi setelah menopause yang merupakan tanda kanker serviks.
  3. Sakit terasa di area panggul/pinggul. Gejala kanker serviks selain pendarahan yang tidak normal, biasanya juga ikut dibarengi dengan adanya sakit di bagian panggul/pinggul. Rasa sakit ini cenderung berlangsung dalam waktu panjang, dan disertai rasa nyeri juga.
  4. Kemunculan cairan vagina yang tidak biasa. Cairan vagina yang menggumpal dan cenderung berbau tidak sedap merupakan gejala kuat adanya kanker serviks. Selain itu, pada gejala kanker ini cairan yang keluar berbentuk sangat cair sekali.
  5. Adanya perubahan metabolisme tubuh. Buang air kecil lebih sering melebihi intensitas biasanya juga merupakan pertanda adanya kanker serviks yang patut diwaspadai. Anda bisa juga mengamati jika ada perubahan pada feses. Jadi jika kondisi ini berlangsung lebih dari satu minggu, segera konsultasikan ke dokter.
  6. Kebiasaan merokok. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Cancer menyebutkan, merokok juga dapat menyebabkan risiko timbulnya kanker serviks meningkat dua kali lipat. Jadi jelas, kebiasaan merokok harus dihentikan.

Baca Juga: Apakah Kanker Serviks Bisa Disembuhkan?

Terakhir, deteksi dini baik untuk dilakukan sejak awal, jadi jika Anda merasakan salah satu
gejala diatas tak ada salahnya pergi ke dokter. Semoga bermanfaat. Awan Jakarta. YPWS.