10 Gejala Kanker Yang Paling Sering Diabaikan Banyak Orang

47
10 Gejala Kanker Yang Paling Sering Diabaikan Banyak Orang
10 Gejala Kanker Yang Paling Sering Diabaikan Banyak Orang

Kanker masih merupakan salah satu penyakit mematikan yang paling ditakuti oleh semua orang di dunia. Gejala Kanker kadang tak diabaikan sejak awal.

Ia bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Menurut beberapa penelitian, kanker merupakan salah satu penyakit yang tidak mudah dideteksi keberadaannya.

Biasanya, penderita kanker juga akan menyadari bahwa ia menderita kanker setelah sel kanker tersebut telah menyebar ke seluruh tubuh dan telah berkembang menjadi penyakit yang terbilang cukup parah dan  berbahaya.

Dilansir dari laman prevention.com, ada 10 gejala kanker yang sering diabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa saja. Beberapa penelitian yang dilakukan di Inggris beberapa tahun terakhir bahkan menyebutkan jika gejala ini benar-benar menjadi tanda peringatan awal dari kanker.

Berikut 10 Gejala Kanker yang paling sering diabaikan banyak orang yang perlu Anda cermati :

Pendarahan. Ketika seseorang mengalami pendarahan yang aneh, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa seseorang tersebut berisiko kanker atau tumor. Pada wanita, organ intim yang mendadak pendarahan padahal tidak sedang masa menstruasi, hal ini bisa menjadi gejala adanya risiko kanker ovarium dan serviks. Sedangkan pendarahan di puting payudara bisa menjadi indikasi adanya risiko kanker payudara. Jika Anda mengalami pendarahan di tubuh yang dirasa cukup aneh, segera memeriksakan diri ke dokter.

Perubahan Tahi Lalat di Kulit. Adanya kutil atau gangguan kulit yang aneh. Menurut Whiteker, dari 475 penderita kanker, hanya 7% dari mereka yang menyadari dan memeriksakan diri saat memiliki perubahan tahi lalat dan kondisi aneh pada kulit lainnya.

Benjolan. Benjolan yang ada di tubuh menjadi gejala umum adanya kanker di tubuh. Study menyebutkan jika ada 675  penderita kanker di Inggris memiliki benjolan di tubuhnya. Benjolan bisa berada di bawah lapisan kulit, bisa juga terdapat di organ dalam tubuh. Benjolan aneh di tubuh juga dipercaya sebagai tanda atau gejala serius dari kemunculan kanker.

Embed from Getty Images

Batuk / Suara Serak. jika Anda mengalami batuk atau flu berkepanjangan, Anda sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit atau klinik terdekat. Dr Whiteker, seorang dokter spesialis kanker mengungkapkan jika batuk atau flu berkepanjangan bisa menjadi gejala kanker yang serius atau gejala penyakit lain yang juga berbahaya.

Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar. Study yang dilakukan Dr Whiteker menemukan jika tidak sedikit penderita kanker yang mengalami perubahan waktu kebiasaan buang air besar. Hal ini sendiri terjadi karena pola makan yang tidak teratur, kesehatan pencernaan yang kurang maksimal dan pengaruh obat selama merasa sakit karena gejala kanker. Menurut Whiteker, perubahan ini bisa jadi merupakan gejala utama dari kanker usus besar.

Infeksi Saluran Kandung Kemih. Sebagian besar wanita sering kali mengabaikan infeksi kandung kemih di dalam dirinya. The American Cancer Society mengungkapkan jika rasa nyeri, sakit dan infeksi pada kandung kemih bisa jadi merupakan gejala kanker ovarium atau kanker serviks pada wanita. Jika Anda merasakan ada yang berbeda dengan kesehatan organ intim khususnya kandung kemih, jangan segan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Tubuh Terasa Nyeri. Gejala umum dari kanker adalah rasa nyeri atau sakit di seluruh tubuh. Bukan hanya itu saja, penelitian  mengungkapkan jika rasa pegal-pegal atau rematik yang berlebih pada tubuh juga merupakan indikasi adanya risiko kanker. Nyeri pada tubuh bisa saja merupakan gejala kanker ovarium atau kanker tulang.

Radang Tenggorokan Dalam Waktu Lama. Biasanya, radang tenggorokan menyerang seseorang pada saat musim dingin. Tapi, jika radang ini menyerang terus menerus dalam waktu yang lama dan terjadi pada musim dingin maupun panas, hal ini sangat perlu untuk diwaspadai. Lebih dari 78% penderita kanker tenggorokan, sebelumnya selalu mengabaikan radang yang menyerang mereka dan tidak sadar bahwa ia sedang menderita penyakit serius yakni kanker.

Berat Badan Turun Drastis. The American Cancer Siciety menyebutkan jika gejala kanker yang sering kali diabaikan selanjutnya adalah penurunan berat badan secara drastis. Berat badan turun secara terus menerus bahkan ketika Anda tidak melakukan diet, hal ini bisa menjadi gejala adanya risiko kanker pankreas, kanker perut, kanker paru-paru dan kanker lainnya.

Kesulitan Menelan. Gejala selanjutnya yang sering kali diabaikan adalah kesulitan menelan. Kesulitan menelan terjadi karena adanya penyempitan tenggorokan. Kondisi ini dipercaya sebagai gejala awal dari risiko kanker lambung, kanker kerongkongan ataupun kanker tenggorokan. Awan Jakarta. YPWS. Prevention.