Categories: FeaturedKesehatan

Daftar Tanaman Hias Yang Bisa Tangkal Radiasi Laptop Serta Komputer

Daftar Tanaman Hias Yang Bisa Tangkal Radiasi Laptop Serta Komputer

Awanjakarta.com – Daftar tanaman hias yang bisa tangkal radiasi laptop dan komputer. Memang terdengar aneh, namun hal tersebut baru terungkap dari satu hasil studi.

Bahwa memang benar paparan radisi laptop atau layar monitor komputer bisa membuat kesehatan Anda terganggu. Apalagi jika Anda berada di depan kedua benda elektronik tersebut dalam waktu yang berjam-jam. Walaupun bukan perkara yang heboh banget, namun tetap perlu di waspadai bukan? Betul atau benaaaar?

Demi menangkal dan mengurangi efek negatif dari radiasi laptop atau komputer Anda, ada beberapa jenis tanaman hias bisa diletakkan dalam ruang kerja Anda, dekat laptop. Keberadaan tanaman tersebut setidaknya sedikit banyak bisa mengurangi gejala sick building syndrome yang ditandai dengan sakit mata, susah fokus dan berkonsentrasi, juga hatchi-hatchi alias bersin saat bekerja.

Berikut tak kurang lima jenis dalam daftar Tanaman Hias yang setidaknya bisa tangkal radiasi laptop dan komputer, sesuai rilis laman Asosiasi Bunga Indonesia:

1. Aglaonema sp.
Selain membantu melembabkan ruangan karena ia mengeluarkan semacam uap air, aglaonema juga menghasilkan senyawa phytochemical. Fungsinya adalah untuk menekan pertumbuhan bakteri dan spora hingga 50 persen. Selain itu, anda juga memperoleh asupan oksigen segar dalam ruangan.

2. Sansevieria sp.
Nama lainnya adalah lidah mertua, berbentuk panjang seperti lidah dengan warna dominan hijau dan putih. Letakkan di dekat meja kerja Anda, maka ia akan menyerap sampai dengan 107 unsur polutan berbahaya, menurut studi yang dilakukan oleh NASA. Itu karena sanseviera mengandung bahan aktif pregnane glikosid.

3. Anthurium sp.
Tanaman ini justru hidup sehat jika didekatkan dengan benda elektronik beradiasi tinggi, karena menyerap berbagai
polutan tersebut.

4. Palem kuning.
Walau tergolong tanaman yang besar, namun palem jenis ini bisa ditanam di pot dan diletakkan dalam ruang. Fungsinya tak hanya memproduksi oksigen, namun juga menyerap racun dalam udara dan radiasi yang buruk untuk kesehatan.

5. Philodendron sp.
Racun formaldehid yang banyak diproduksi oleh lem dan eternit buatan bisa diserap oleh tanaman ini. Ia juga berfungsi mengurangi efek buruk dari radiasi berbagai benda elektronik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda. Awan Jakarta. FR.