Info Kesehatan : Cegukan dan Cara Sederhana untuk Mengatasinya

Cegukan
Cegukan

Awanjakarta.com – Cegukan dan cara sederhana untuk mengatasinya bisa dengan mudah untuk dilakukan. Tak kurang menggunakan empat bahan yang juga mudah untuk ditemui.

Cegukan memang bisa terjadi kapan saja dan bahkan dimana saja dengan gangguan khasnya. Namun risiko kejadiannya lebih sering dialami pada mereka yang menjadi perokok atau pun suka mengonsumsi minuman alkohol. Cegukan ini terjadi sebab adanya aktivitas kontraksi otot di sekitar diafragma.

Hingga kini, cegukan masih bisa dinilai tidak membahayakan. Walau begitu kehadirannya bisa sangat menganggu. Maka untuk mengatasinya, berikut cara alami yang bisa dilakukan sesuai rilis dari laman Boldsky :

Menggunakan madu.
Ya, madu bisa dipakai sebagai obat cegukan. Caranya sangatlah mudah tinggal siapkan satu sendok teh madu dan larutkan dalam segelas air. Lalu minuman air madu ini akan membantu merelaksasi otot di bagian diafragma dan sekaligus melegakan tenggorokan.

Makan selai kacang.
Makan selai kacang juga menjadi jalan untuk selesaikan masalah ini. Dengan cara memakan dua sendok selai kacang, gangguan diperkirakan dapat berhenti setelah satu menit kemudian.

Minum air dingin.
Dengan meminum air dingin dengan secara cepat, diharapkan bisa segera merelaksasi otot-otot yang memicu hal ini yang berkontraksi. Bila Anda bisa melakukannya dengan minum air sambil menahan napas. Ulangi cara ini sebanyak tiga atau empat kali sampai gangguan hilang.

Makan permen.
Makan permen atau gula juga disarankan untuk menghentikan masalah ini. Dengan makanan manis ini diyakini mampu mengatur ulang keadaan di tenggorokan dan menyembuhkan gangguan ini. Semoga bermanfaat. FR.