Mencegah dan Mengatasi Stretchmarks Saat Kehamilan

45
Stretchmarks
Stretchmarks

Awanjakarta.com – Stretchmarks dan cara mencegahnya saat kehamilan. Umumnya para Ibu pada saat kehamilan akan mengeluhkan tanda parut guratan-guratan putih yang memanjang dengan pola yang tidak beraturan.

Stretchmarks merupakan garis-garis putih dengan bentuk abstrak di permukaan kulit yang kerap muncul saat sedang hamil. Guratan tersebut muncul dari pengaruh regangnya permukaan kulit seiring bertambah besarnya kehamilan. Jaringan yang biasanya bersifat elastis kini tidak bisa menahan, lalu robek di bagian bawah permukaan kulit.

Sebenarnya stretchmarks itu sendiri bisa dicegah, atau dihilangkan keberadaannya. Tetapi itu akan membutuhkan kesabaran dan waktu yang sedikit lama, karena kulit bertumbuh dan memperbaiki jaringannya sedikit demi sedikit.

Ada beberapa cara terbaik yang bisa ibu hamil lakukan dengan kebiasaan sehari-hari seperti berikut ini :

Olahraga.
Bumil juga perlu melakukan olahraga ringan, walaupun hanya berjalan di sekitar rumah. Sebab ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, dan tidak terjadi penumpukan cairan di salah satu bagian tubuh karena kurang bergerak.

Cukup minum.
Kehamilan jangan sampai membuat Anda tidak minum dengan cukup. Sebaiknya konsumsi 8 gelas air putih per hari sehingga jaringan kulit tetap terhidrasi dan elastisitasnya pun dapat terjaga dengan baik. Minum Jus buah pun baik untuk kesehatan janin dan tubuh Anda sendiri, asalkan tidak diberi tambahan gula yaa…

Jaga berat badan agar tak naik drastis.
Pertambahan berat badan saat hamil merupakan hal yang wajar. Yang tidak wajar ialah jika berat badan naik dan tidak terkontrol sehingga jaringan kulit mendadak merekah. Jagalah berat badan dengan sering mengonsumsi buah dan sayuran, juga nutrisi lainnya dengan seimbang.

Body lotion.
Oleskan body lotion di permukaan perut, bokong, atau bahkan dibeberapa bagian kulit lainnya dimana stretchmarks sering muncul. Hal ini akan membantu melembabkan kulit dan membuatnya tetap elastis.

Strecthmarks bukan hal yang mengerikan, karena ia muncul saat buah hati sedang bertumbuh di dalam rahim Anda. Jadi tetap harus hadapi dengan gembira. Semua hal tersebut sejatinya bagian dari proses.

Kabar baiknya, setelah melahirkan stretchmarks akan hilang dengan sendirinya, biasanya antara 6-12 bulan pasca melahirkan, atau bisa juga kurang tergantung dari kondisi kulit masing-masing ibu. Semoga bermanfaat. FR.