Nyamuk Ternyata Suka Dengan Dua Tipe Orang Seperti Ini

118
Nyamuk Ternyata Suka Dengan Dua Tipe Orang Seperti Ini
Nyamuk Ternyata Suka Dengan Dua Tipe Orang Seperti Ini

Awanjakarta.com – Nyamuk ternyata suka dengan dua tipe orang tertentu. Binatang kecil yang kerap mengganggu ini rupanya memang memiliki kecenderungan pemilih.

Bayangkan, teman-teman Anda lolos dari incaran si nyamuk nakal dan hanya menyerang diri Anda sendiri. Semua teman bisa-bisa menuduh Anda belum mandi. Lantas, apa memang ada orang-orang tertentu yang menjadi incaran gigitan makhluk nakal ini?

Aneh tapi nyata, tetapi memang binatang kecil ini hanya menggigit orang-orang yang tampak ‘menarik’ baginya saja. Laman webmd.com mengabarkan bahwa ternyata 1 dari 10 orang yang menjadi incaran adalah mereka yang memiliki steroid dan kolestrol tinggi pada permukaan kulitnya. Waduh…

Orang-orang ini menarik perhatian nyamuk betina untuk menghisap darah yang dibutuhkan untuk berkembang biak melanjutkan keturunan mereka. Jerry Butler, Ph.D., professor dari University of Florida menjelaskan, kolestrol tinggi disini bukan diartikan mereka yang memiliki kadar kolestrol tinggi dalam darah. Tetapi mereka yang mampu memproduksi kolestrol secara efisien dalam tubuhnya.

Nyamuk juga tertarik pada yang punya kadar asam tinggi

Bukan hanya yang memiliki kolestrol dan steroid tinggi pada permukaan kulit, binatang ini juga dikabarkan tertarik pada mereka yang memiliki kadar asam tinggi. Entomologist asal Amerika bernama John Edman, Ph.D., ikut menjelaskan bahwa substansi ini memicu indra penciuman binatang ini sehingga menarik nyamuk untuk menggigit permukaan kulit orang-orang ini.

Meski bertubuh kecil, namun nyamuk mempunyai indra penciuman dan sensorik yang luar biasa tajamnya. Mereka bahkan mampu mencium aroma mangsanya dari jarak 50 meter dan mengetahui hawa panas sasarannya meski dalam keadaan gelap. Wajar jika kita sering tak merasakan kedatangannya, tiba-tiba saja bisa merasakan sensasi gatal-gatal yang aduhai ngeselinnya. YPWS.