Ini Dia Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat

Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat memang kerap membuat pecinta kucing penasaran. Ternyata kebiasaan tersebut memang punya alasannya tersendiri.
Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat memang kerap membuat pecinta kucing penasaran. Ternyata kebiasaan tersebut memang punya alasannya tersendiri.

Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat memang kerap membuat pecinta kucing penasaran. Ternyata kebiasaan tersebut memang punya alasannya tersendiri.

Bisa punya kucing saja terkadang orang sudah bahagia, apalagi memiliki kucing yang pandai memijat. Jelas membuat kita merasa bahagia. Saat sedang melepas lelah dengan duduk santai atau sambil berbaring, kucing kesayangan adakalanya menghampiri dan mulai memijat badan kita dengan dua kaki imut mereka.

Umumnya, gerakan tangan mereka bisa cukup konsisten dan mantap dengan sedikit perubahan tempat, badan kita yang lelah bisa perlahan menjadi rileks dibuatnya. Lantas, Apa yang membuat kucing begitu sukanya memijat pemiliknya atau kucing lain yang ia kenal?

Para ahli perilaku kucing telah mengatakan jika gerakan memijat bagi kucing ternyata merupakan insting alami. Insting alami itu lantas mereka bawa sejak masih menyusu pada induknya. Gerakan konstan memijat tersebut sama dengan gerakan saat mereka melakukan pijatan untuk melancarkan aliran susu induknya.

Nahh, kucing yang dipisahkan dari induknya sejak masih belum disapih cenderung lebih sering melakukan pijatan daripada mereka yang disapih saat sudah besar atau bisa dilepas induknya mandiri. Kucing yang terbiasa melakukan hal itu karena belum puas menyusu induknya hingga kebiasaan level greget itu terus terbawa sampai mereka dewasa.

Di kucing dewasa lainnya, aksi memijat tersebut dilakukan karena insting mereka untuk membuat tempat tidur atau tempat merebahkan diri yang enak. Kucing yang sedang hamil dan akan melahirkan juga akan melakukan beberapa gerakan pijatan pada kain atau bantal yang jadi alas tidurnya supaya lebih nyaman saat persalinan.

Embed from Getty Images

Kucing Suka Memijat bisa terasa menyakitkan

Sementara itu, bagi kucing sendiri manfaat lain dari perilaku memijat ini adalah ikut memberikan tanda pada benda-benda yang diakui sebagai miliknya. Pada bagian telapak tangan kucing terdapat kelenjar bau. Pada saat ia memijat, aroma tersebut keluar dan bisa menempel pada permukaan yang dipijat.

Pada saat kucing memijat kita itu artinya dia lagi menandai badan kita juga sebagai majikan dirinya. Pijatan tersebut fungsinya juga sama seperti saat kucing sedang mencakar atau scratching pada barang-barang atau area tertentu yang ingin ia tandai. Dia memberi tanda bahwa dialah penguasanya, dan kucing lain pun akan mengenalinya dengan mengendus hingga membuat ekspresi lucu seperti ingin bersin.

Lantas, bagaimana jika aksi pijatan kucing tersebut malah terasa menyakitkan atau bisa sampai melukai karena cakarnya keluar? Meski tidak selalu, namun beberapa kucing memang bisa melakukan hal itu dengan gemas pada yang ia pijit. Tenang, cukup kenakan baju yang tebal atau tambahkan lapisan kain sebagai alas pijatannya.

Umumnya, kucing juga memijat tidak untuk durasi berjam-jam lamanya. Mereka akan berhenti sendiri dan tidur jika sudah merasa lelah dan puas memijit. Awan Jakarta. YPWS.