10 Makanan Dengan Kalsium Lebih Tinggi Dari Susu

130
10 Makanan Dengan Kalsium Lebih Tinggi Dari Susu
10 Makanan Dengan Kalsium Lebih Tinggi Dari Susu

Awanjakarta.com – Kalsium tak hanya terdapat pada susu. Ternyata ada 10 makanan dengan kalsium lebih tinggi dari susu yang sebaiknya Anda ketahui.

Mengkonsumsi susu memang sudah dijadikan kebiasaan yang tampak biasa bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun, di antara kita ada juga orang yang kurang menyukainya, bahkan ada yang sampai alergi terhadap susu..

Kebutuhan akan kalsium oleh tubuh kita memang harus terpenuhi. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi dan tulang yang kuat. Kalsium juga dapat membantu saraf, kontraksi otot yang baik, dan pelepasan hormon dan enzim tertentu di dalam tubuh.

Bahaya yang ditimbulkan jika kita kekurangan kalsium misalnya adalah mati rasa pada jari dan kaki, kram otot, kejang-kejang (saraf), tubuh lebih malas bergerak, dan kehilangan nafsu makan. Jika Anda termasuk orang yang kurang menyukai susu, jangan khawatirkan itu, karena masih ada 10 makanan lain yang juga memiliki kandungan kalsium lebih tinggi daripada susu, sesuai rilis boldsky.

Inilah 10 makanan yang ternyata punya kandungan Kalsium Lebih Tinggi Dari Susu:

Biji wijen. Biji wijen selain kaya akan kalsium, juga membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, bahkan mungkin melawan kanker tertentu. Biasanya biji wijen diolah dalam dengan salad atau Anda dapat menambahkannya ke setiap hidangan manis.

Ikan. Ternyata ikan adalah makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi, bahkan lebih tinggi daripada susu. Bagi Anda yang kurang suka dengan susu, inilah cara sehat untuk mencukupi asupan kalsium pada tubuh.

Kacang Almond. Sudah tentu kacang Almond mengandung kalsium, selain mengandung kalsium, almond juga mengandung postasium, vitamin E dan zat besi. Anda dapat memakannya langsung dengan rasa yang manis atau membuat almond dengan sedikit mentega. lezat namun sehat.

Rumput laut. Sama halnya dengan jenis ganggang, rumput laut juga mengandung kalsium, serat tinggi dan yodium. Biasanya sajian rumput laut dapat dimakan dalam bentuk minuman yang membuat dahaga segar, dengan kesegaraan yang didapat, kalsium pun terpenuhi.

Jeruk. Buah yang satu ini dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, namun dibalik itu jeruk mengandung kalsium tinggi. Dan tidak usah bingung untuk mengkonsumsinya, karena banyak makanan yang dapat dicampur dengan jeruk.

Kacang kedelai. Kedelai adalah sumber kalsium yang baik dibandingkan dengan kacang-kacangan yang umum digunakan. Kalsium di dalam kedelai diserap dengan baik dan memiliki tingkat penyerapan sama dengan susu.

Yoghurt. Seperti diketahui, yoghurt merupakan hasil fermentasi dari susu. Oleh karena itu yoghurt juga mengandung Kalsium Lebih Tinggi Dari Susu. Beda dengan susu, rasa yoghurt lebih asem namun banyak juga yang menyukainya. Olahan ini dapat menjadi pengganti susu, terutama bagi yang ingin melengkapi asupan kalsium selain dengan meminum susu.

Sayur-sayuran berdaun hijau. Banyak sekali jenis-jenis sayuran yang suka kita makan, terutama sayuran berdaun hijau. sayuran jenis itu merupakan sumber yang kaya kalsium. Mereka termasuk bayam, lobak, kale, brokoli, kubis, dan asparagus. Anda dapat memakan semua itu dengan mengolahnya menjadi salad yang menjadi gaya hidup kebanyakan orang saat ini.

Rempah-rempah. Banyak tumbuh-tumbuhan seperti kemangi, thyme, kayu manis, mint dan rempah-rempah seperti bawang putih tidak hanya menambah rasa pada makanan Anda, tetapi juga menyediakan kalsium yang tinggi untuk tubuh.

Keju. Keju memiliki kandungan laktosa rendah dibandingkan dengan produk susu lainnya. sehingga dapat dengan baik dicerna oleh mereka yang menderita intoleransi laktosa. keju juga membantu dalam pengendapan kalsium dan fosfor dalam gigi. Termasuk punya kandungan Kalsium Lebih Tinggi Dari Susu. YPWS.