Manfaat Makan Semangka Untuk Mengusir Sakit Kepala

5
Manfaat Makan Semangka Untuk Mengusir Sakit Kepala
Manfaat Makan Semangka Untuk Mengusir Sakit Kepala

Sakit kepala sendiri masih merupakan salah satu keluhan kesehatan yang cukup sering dialami bagi sebagian orang, mulai dari yang ringan saja sampai yang terasa berat. Masalahnya, tidak jarang juga masalah ini bisa sampai mengganggu kegiatan orang yang terdampak.

Sejatinya ada banyak penyebab munculnya sakit kepala mengganggu tersebut. Salah satunya bisa terjadi karena kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Meski sederhana saja, namun dehidrasi bisa ikut menyebabkan gangguan sakit kepala yang Anda alami.

Setiap harinya tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat dan buang air kecil. Tubuh sangat membutuhkan cairan dan elektrolit untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Pada saat asupan cairan yang diperlukan tidak mencukupi, maka tubuh akan segera mengalami dehidrasi.

Pada saat Anda dehidrasi, aliran darah pada pembuluh darah di seluruh tubuh jadi ikut menurun. Penurunan tersebut juga bisa berdampak pada pembuluh darah yang ada di kepala atau otak. Otak bisa menciut akibat aliran darah yang diperlukan berkurang. Hal tersebut yang lantas memicu timbulnya sakit kepala yang Anda rasakan.

Apanila penyebab sakit kepala Anda adalah karena dehidrasi, Anda bisa menanganinya dengan asupan cairan yang cukup melalui minuman dan makanan sehari-hari. Salah satu yang cukup menyenangkan adalah dengan mengonsumsi semangka. Semangka? Ya, semangka cui.

Semangka sendiri merupakan buah yang memiliki kadar air tinggi sehingga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dalam waktu singkat. Semangka juga mengandung mineral penting seperti magnesium yang berfungsi untuk mencegah atau setidaknya bisa meringankan gejala sakit kepala yang menyerang.

Embed from Getty Images

Makan Semangka sebagai alternatif awal sebelum obat-obatan Sakit Kepala

Bukan hanya semangka saja, masih ada makanan atau minuman lain yang disarankan untuk mengusir sakit kepala. Seperti kopi, pisang, biji-bijian, dan ikan. Semuanya bisa Anda temukan dan pilih sesuai selera untuk dikonsumsi.

Sakit kepala bisa dicegah dan diatasi dengan minuman dan makanan yang bisa Anda temui sehari-hari. Tapi jika masalah ini terus terjadi, temui dokter langganan keluarga Anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol, metampiron, atau asam mefenamat.

Meski begitu, jika Anda merasakan sakit yang satu ini, tidak ada salahnya untuk mencoba konsumsi semangka dulu secukupnya sesuai selera. Jika hal ini dapat membantu mengusir nyeri yang Anda alami, tidak perlu makan beragam obat-obatan yang umumnya pahit. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Awan Jakarta. YPWS.