Makanan Untuk Atasi Rambut Tipis Yang Ganggu Penampilan

38
Makanan Untuk Atasi Rambut Tipis Yang Ganggu Penampilan
Makanan Untuk Atasi Rambut Tipis Yang Ganggu Penampilan

Awanjakarta.com – Salah satu masalah yang kerap mengganggu kepercayaan diri sebagian orang adalah rambut tipis. Baik pria maupun wanita bisa mendapatkan masalah ini dan cemas akan kebotakan. Ada makanan yang bisa dikonsumsi untuk atasi masalah ini.

Rambut tipis akibat jumlahnya yang berkurang atau volumenya yang kian mengempis umumnya disebabkan karena dua hal yaitu terlalu sering melakukan perawatan rambut seperti rebonding atau blow dengan hair dryer serta pemakaian bahan kimia lainnya.

Rambut tipis juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin D serta zat besi dalam makanan. Wanita dan pria yang rambutnya makin menipis disebabkan rontok, jika diteliti pasti mempunyai kadar zat besi serta vitamin D yang rendah. Karena itu mengkonsumsi makanan kaya zat besi serta vitamin D sangat disarankan demi kembalinya kesuburan rambut.

Peran Vitamin D untuk Atasi Rambut Tipis

Vitamin D, berperan dalam mengatur ekspresi dari gen di tubuh seseorang yang mendorong tumbuhnya folikel rambut. Sedangkan zat besi yang kurang jumlahnya dalam tubuh terbukti membuat rambut menipis karena jumlahnya berkurang.

Peneliti dari Universitas Kairo Mesir yang menyebutkan fakta tersebut berdasar studi yang mereka lakukan. Laman Prevention.com juga merilis, memperbaiki jumlah asupan kedua zat itu dapat membantu menebalkan dan mengembalikan volume rambut menjadi lebih bertambah baik.

Dosis minimal zat besi yang dianjurkan adalah 600 IU (Internasional Unit) per hari. Sedangkan untuk vitamin D anda bisa mendapatkannya dari sumber seperti ikan salmon dan jenis ikan lainnya yang memiliki kandungan 450 IU per 3 ons.

Pada susu dan jus jeruk pun terdapat vitamin D per gelas 115-135 IU. Bukan hanya baik bagi rambut, kedua zat tersebut mencegah terjadinya gangguan hati, kanker, dan kesehatan tulang. YPWS.