Cara Cek Makanan Mengandung Boraks Dan Formalin

Cara Cek Makanan Mengandung Boraks Dan Formalin
Cara Cek Makanan Mengandung Boraks Dan Formalin

Awanjakarta.com – Cara cek Makanan Mengandung Boraks dan Formalin masih perlu untuk Anda ketahui demi cegah hal-hal yang tidak diinginkan. Cegah sebelum terdampak.

Hingga kini penjualan makanan dengan cara curang masih kerap terjadi. Para oknum penjual sama sekali tak peduli apa akibat dari perbuatannya tersebut terhadap kesehatan orang lain. Yang mereka pikirkan hanya berapa banyak keuntungan yang akan diperoleh dengan upaya minimal.

Kurang ajarnya, para oknum penjualan makanan curang tersebut tak berhenti hanya pada tega menjual makanan kadaluarsa saja, namun mereka juga tega menjual makan yang mengandung bahan kimia terlarang seperti formalin dan boraks. Soal nantinya masuk neraka, mereka juga tak pedulikan.

Seperti yang diketahui bersama bahwa dua bahan kimia tersebut (formalin dan boraks) sebenarnya diperuntukkan untuk mengawetkan jenazah. Beberapa makanan yang kerap ditambahkan dengan bahan berbahaya ini antara lain adalah mi basah, tahu, bakso, ikan asin dan lainnya.

Anda harus bisa mengetahui bagaimana ciri-ciri makanan yang mengandung boraks dan formalin jika tidak ingin terpapar bahan berbahaya bagi kesehatan tersebut. Berikut ini cara cek makanan mengandung boraks dan formalin:

Makanan mengandung formalin:

1. Bakso. Tekstur bakso akan terlihat dan terasa sangat kenyal, padahal menggunakan bahan campuran tepung tapioca yang tidak begitu banyak. Begitu juga dengan permukaan bakso yang terlalu kencang. Bakso juga tidak akan mudah rusak serta lalat terlihat ogah hinggap padanya.

2. Mie basah. Kalau disentuh dan ditarik malah tidak akan lengket. Mi juga akan lebih tahan ketika dibawa dengan kasar karena mi lebih kenyal dan tidak mudah rusak dibuatnya. Masa kadaluasa mie basah abal-abal ini juga jauh lebih lama.

3. Tahu. Kalau dilihat dengan seksama dari teksturnya, tahu yang mengandung formalin akan memiliki tekstur yang begitu keras, cenderung terlalu kenyal namun tidak padat. Tahu juga akan lebih tahan lama dari tahu pada umumnya.

4. Ikan. Perhatikan jika warna insang ikan pada umumnya merah segar, kali ini Anda akan menjumpai ikan dengan warna insan yang kelewat merah tidak wajar. Begitu pula dengan warna dagingnya yang terlalu putih dan bersih. Untuk aromanya sendiri tidak tercium aroma amis khas ikan pada umumnya, sekalipun ikan tersebut sudan beberapa hari telah mati.

Pada saat disentuh, ikan akan jauh lebih keras dan kenyal. Begitupun jika dipatahkan akan lebih sulit sekali. Ciri yang paling jelas adalah ikan pasti tidak akan dihinggapi lalat.

Makanan mengandung boraks:

1. Kerupuk. Jenis kerupuk yang banyak mengandung boraks adalah kerupuk gandum atau kerupuk udang. Teksturnya yang begitu lembut dan ketika sudah digoreng akan sangat renyah. Jika Anda memakan kerupuk dalam jumlah banyak maka akan menimbulkan rasa getir yang tidak nyaman.

2. Mie basah. Cukup sama seperti mi basah yang mengandung formalin, mi basah yang mengandung boraks juga akan lebih tahan lama dan cenderung tidak mudah putus saat ditarik. Dan untuk teksturnya terlampau kenyal dan sama-sama tidak lengket.

3. Lontong. Makan tradisional yang populer ini juga sering kali dijumpai mengandung boraks, dimana lontong yang mengandung boraks akan punya ciri aroma yang sangat tajam. Rasanya sendiri ada rasa getir dengan perpaduan rasa gurih yang dirasakan sangat berlebihan.

Nah, selain dengan mengetahui semua ciri makanan yang mengandung formalin dan boraks di atas, Anda juga bisa coba cara mengetahui makanan yang mengandung formalin dan boraks dengan menggunakan kunyit kertas saring dan tusuk gigi. Hmm, bagaimana caranya tuh? Cekidooots…

Cara cek makanan mengandung formalin dan boraks :

– Buat larutan kunyit.
– Masukkan kertas saring ke dalamnya.
– Ambil dan keringkan kertas.
– Panaskan air dengan potongan makanan yang ingin Anda uji coba kandungannya.
– Tetesi kertas saring yang sudah Anda keringkan tadi dengan air rebusan makanan yang dicurigai.

Hasilnya: Kalau warna kertas itu berubah menjadi merah bata, maka dapat disimpulkan jika makan tersebut mengandung boraks. Jika warna kertas tidak berubah sama sekali, makanan tidak mengandung boraks. Bila informasi ini dirasa masih kurang, silahkan berkonsultasi dengan dokter langganan keluarga Anda. Semoga bermanfaat. YPWS.