Daftar Makanan Untuk Kesehatan Rambut Yang Wajib Diketahui

Daftar Makanan Untuk Kesehatan Rambut Yang Wajib Diketahui
Daftar Makanan Untuk Kesehatan Rambut Yang Wajib Diketahui

Awanjakarta.com – Daftar makanan untuk kesehatan rambut sejatinya masih bisa ditemui saat ini. Penting untuk Anda ketahui.

Kesehatan rambut terutama menjadi salah satu daya tarik bagi wanita. Rambut sering kali disebut sebagai mahkota wanita yang sering menggunakan metode perawatan yang tak jarang sangat mahal.

Namun, ternyata ada perawatan yang alami bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut. Beberapa bisa didapat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Berikut adalah daftar makanan untuk kesehatan rambut Anda:

Ubi jalar.

Ubi jalar jadi sumber beta karoten dan antioksidan yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Pada dasarnya, setiap sel tubuh tidak dapat berfungsi tanpa kecukupan A.Vitamin A dapat membantu dalam merawat kesehatan kulit kepala dan juga bisa menghilangkan gatal serta ketombe.

Ikan salmon.

Ikan salmon kaya protein dan vitamin D yang  berfungsi  untuk rambut kuat. Kandungan asam lemak omega-3  di dalam ikan salmon juga dapat membantu dalam merawat rambut. Kebutuhan akan Omega-3 juga ditemukan dalam membran sel di kulit kepala Anda, dan juga minyak alami yang menjaga kulit kepala dan rambut terhidrasi.

Selain ikan salmon, Anda dapat menemukan manfaat asam lemak omega 3 dari jenis ikan seperti ikan sarden dan makarel, serta alpukat, biji labu, dan kenari.

Tiram.

Tiram kaya akan kandungan seng penghilang rambut rontok hingga pada bulu mata anda, serta beberapa gangguan kulit seperti kulit kering dan terkelupas. Anda juga dapat memiliki manfaat seng dari sereal dan roti gandum. Meskipun demikian kandugan proteinnya masih tinggi tiram selain dapat memenuhi kebutuhan seng, tiram juga menyediakan kandungan protein tinggi.

Rambut sekitar 97% tersusun dari protein. Tanpa protein yang cukup, tubuh Anda tidak dapat menggantikan rambut yang alami sehingga mengakibatkan kering, rapuh, atau mudah patah.

Kenari.

Kenari adalah satu-satunya jenis kacang yang memiliki sejumlah besar omega-3 asam lemak. Selain kandungan omega 3 di dalam kenari terdapat pula biotin dan vitamin E yang membantu melindungi sel-sel  dari kerusakan DNA. Kenari juga memiliki kandungan tembaga dan mineral yang membantu menjaga warna rambut alami Anda tetap berkilau.

Telur.

Telur mudah ditemui dan memiliki  empat mineral yang sangat penting seperti  belerang, seng, selenium, dan besi. Kandungan besi di dalam telur akan membantu dalam transformasi oksigen ke folikel rambut. Apabila kandungan zat besi sedikit di dalam tubuh maka berakibat rambut rontok.  Anda dapat mengkonsumsi makanan dengan tingkat zat besi tinggi seperti ayam, daging sapi dan ikan.

Bayam.

Kandungan yang terdapat di dalam bayam seperti zat  besi, beta karoten, folat, dan vitamin C dapat membantu folikel rambut dan kulit kepala yang sehat. Selain bayam kandungan dari sayuran hijau seperti brokoli, kale dan lobak juga dapat membantu kebutuhan nutrisi rambut Anda.

Yoghurt Yunani.

Memang cukup sulit untuk ditemui, namun cemilan yang bermanfaat untuk tubuh anda adalah yoghurt yunani yang mengandung protein yang tinggi, vitamin B5 (asam pantotenat) dan juga kandungan vitamin D.

Kacang kedelai.

Kacang kedelai merupakan makanan dengan kandungan protein, biotin, zat besi dan seng yang dapat menjadi nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Selain kacang kedelai, Anda dapat mengkonsumsi kacang merah yang memiliki kandungan serupa.

Bluberry.

Buah yang mengandung vitamin C sangat penting untuk kesehatan rambut. Vitamin C sangat penting untuk sirkulasi pada kulit kepala dan mendukung pembuluh darah kecil yang memberi makan pada folikel. Terlalu sedikit C dalam diet Anda dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Daging unggas.

Daging unggas punya kandungan protein, seng untuk kesehatan rambut, zat besi, dan vitamin B untuk menjaga helai rambut yang kuat dan lebat. Karena rambut hampir semua protein, sehingga makanan yang kaya protein sangat membantu merawat kesehatan rambut Anda.

Disarikan dari berbagai sumber. YPWS.