Daftar Manfaat Makan Buah Nangka Bagi Wanita Hamil

Daftar Manfaat Makan Buah Nangka Bagi Wanita Hamil
Daftar Manfaat Makan Buah Nangka Bagi Wanita Hamil. Pic (c) Huffington Post

Pernah mendengar mitos larangan makan buah nangka bagi ibu hamil? Menurut pakar ahli ginekologi mengatakan, sebenarnya wanita hamil boleh konsumsi semua jenis buah, termasuk nangka. Yang perlu diperhatikan: porsinya tetap tidak boleh berlebihan.

Selain rasanya yang enak, buah nangka sendiri punya kandungan kaya akan vitamin B6, potasium dan kaya kandungan antioksidan juga. Kandungan beragam tersebut jelas sangat dibutuhkan oleh wanita hamil dalam prosesnya.

Meski banyak memberikan manfaat untuk ibu hamil, buah nangka juga perlu diketahui mengandung gas, glukosa, kolesterol dan alkohol. Nah, semua kandungan itu dapat mengakibatkan ibu hamil jadi merasa kembung, sehingga bisa memicu terjadinya kontraksi pada trimester pertamanya.

Meskipun Anda misalnya adalah penggemar buah nangka, sebaiknya Anda harus mewaspadai asupan makanan selama masa kehamilan. Jangan sampai makanan tersebut justru mengancam janin di dalam kandungan.

Berikut ini daftar manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi buah nangka selama masa kehamilan:

  1. Bisa mencegah anemia. Nangka punya kandungan zat besi dan folat yang cukup banyak. Berguna untuk menjaga kadar hemoglobin, sehingga dapat terhindar dari masalah anemia, yang kerap terjadi pada masa kehamilan.
  2. Bisa meningkatkan stamina. Di dalam nangka ada gula alami seperti sukrosa dan fruktosa yang dapat memberi dorongan energi instan pada tubuh Anda.
  3. Meningkatkan imunitas. Nangka bisa juga ikut meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan dan mengurangi risiko infeksi. Hal ini disebabkan karena nangka juga mengandung vitamin A, B, dan C.
  4. Bisa meningkatkan perkembangan janin. Punya sumber vitamin yang baik, buah nangka juga memainkan peran penting dalam perkembangan janin, termasuk untuk penglihatan, perkembangan sel, dan mitosis.
  5. Mengatur kadar hormon dan stres. Selama masa kehamilan sudah umum terjadi banyak perubahan hormon. Mengonsumsi nangka bisa membantu mengatur kadar hormone, khususnya bagi perempuan yang sedang hamil. Buah ini juga dapat membantu mengendalikan tingkat stres selama masa kehamilan dan menyusui.
  6. Bisa membantu pencernaan. Wanita hamil cukup sering mengalami konstipasi. Kandungan serat yang tinggi pada nangka bisa membantu proses pencernaan dan mengurangi masalah sembelit. Mengonsumsi nangka juga akan membantu Anda memenuhi kebutuhan serat sehari-harinya.
  7. Menormalkan tekanan darah. Karena nangka punya kandungan potasium yang sangat baik, hal ini dapat membantu mengurangi tekanan darah pada wanita hamil. Buah ini juga biasanya dianjurkan untuk wanita hamil yang menderita tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sekali lagi disampaikan jika boleh konsumsi buah nangka selama kehamilan, namun tetap TIDAK BERLEBIHAN. Ingat, buah nangka juga mengandung gas, glukosa, kolesterol dan alkohol. Nah, semua kandungan itu dapat mengakibatkan ibu hamil jadi merasa kembung. Hal ini bisa memicu terjadinya kontraksi pada trimester pertama. Bila Anda masih belum puas dengan keterangan di artikel ini, silahkan berkonsultasi dengan dokter. Awan Jakarta. YPWS.