Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Awanjakarta.com – Manfaat Donor Darah tidak semua orang ketahui, terutama bagi mereka yang jarang bersinggungan dengan dunia kemanusiaan. Meski begitu hal ini harus diketahui secara luas.

Mendonorkan darah sendiri bertujuan untuk membantu antar sesama yang sedang membutuhkan bantuan transfusi darah. Ketersediaan kantong darah yang sedikit perlu segera diatasi dengan bantuan pendonor secara sukarela.

Jika dilihat dari sisi kesehatan kegiatan ini bukan hanya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkanya saja. Para pendonor juga bisa mendapatkan manfaatnya jika dilakukan secara rutin dengan tetap memperhatikan aturan.

Berikut Manfaat Donor Darah bagi kesehatan sesuai rilis Boldsky:

  • Bisa membakar kalori. Jika dilakukan secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Pada saat darah yang didonorkan sebanyak 450 ml, maka Anda akan kehilangan sekitar 650 kalori.
  • Bisa mengurangi ancaman penyakit jantung. Jantung Anda senantiasa sehat jika secara teratur melakukan kegiatan ini. Sirkulas darah akan mejadi lebih baik, jantung akan terlatih terus memompa darah sehingga dapat meningkatkan zat besi dalam darah dan menjadikan tubuh lebih sehat yang bisa mengurangi ancaman penyakit jantung.
  • Sekalian memeriksa kesehatan. Kegiatan ini juga bisa digunakan sebagai uji pemeriksaan kesehatan. Semua darah pendonor akan diperiksa di laboratorium. Tim medis akan melihat apakah Anda menderita suatu penyakit tertentu atau tidak. Apabila tidak memiliki segala jenis penyakit, darah yang didonorkan bisa disumbangkan. Jika tidak bisa, Anda akan mendapatkan informasikan gangguan kesehatan yang dialami.
  • Bisa menurunkan risiko kanker. Kegiatan ini juga bisa menurunkan risiko terjadinya kanker pada tubuh Anda. Menghindari ancaman kanker tenggorokan, kanker hati, paru-paru, usus besar, dan kanker perut.
  • Bisa menurunkan kolesterol di darah. Jika dilakukan secara rutin maka kegiatan ini bisa menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol yang ada di dalam darah secara tidak langsung akan berkurang bersamaan dengan darah yang dikeluarkan.
  • Bisa meningkatkan produksi darah. Kegiatan ini juga bisa membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Hal ini bisa membantu tubuh Anda tetap sehat.
  • Membantu pikiran agar lebih stabil. Dengan mendonorkan darah, Anda bisa merasa lebih bahagia dan damai karena telah menolong orang lain. Anda juga dapat meningkatkan kesehatan secara psikologis dengan kegiatan rutin ini.
  • Bisa membantu lansia menjadi lebih sehat. Orang tua jadi memiliki kesehatan yang cukup baik dan prima meski telah memasuki usia lanjut. Hal ini bisa didapatkan jika Anda rajin mendonorkan darah sejak usia muda hingga lanjut usia. Donor darah secara teratur bisa membantu kulit bergenerasi dengan baik. Kadar zat besi terlalu banyak bisa meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dini.

Sebagai tambahan informasi, kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin MAKSIMAL 5 kali dalam kurun waktu 2 tahun. Pria bisa mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali, sementara wanita setiap 4 bulan sekali.
Anda sebaiknya menjaga makanan sebelum dan setelah donor darah denga, hal ini juga sama dengan makanan setelah donor darah dilakukan.

Sebelum kegiatan juga Anda sebaiknya tidur cukup (tidak begadang) dan menghindari donor darah pada saat haid atau datang bulan. Bila ragu Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kondisi badan kepada dokter atau petugas sebelum melakukan kegiatan positif ini.

Demikian pembahasan Manfaat Donor Darah kali ini. Semoga bermanfaat. YPWS.