Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari Bagi Tubuh Anda

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari Bagi Tubuh Anda

Awanjakarta.com – Manfaat Jalan Kaki 30 Menit setiap hari bagi tubuh Anda perlu diketahui. Selain murah dan meriah, aktifitas ini sangat bermanfaat.

Menggunakan waktu 30 menit berjalan kaki sehari bermanfaat mulai dari membantu Anda menurunkan berat badan hingga bisa mengurangi risiko banyak penyakit kronis pergi. Untuk berjalan secara teratur adalah salah satu hal terbaik dan termudah yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan, setidaknya hal itu juga diakui oleh Dokter Melina B. Jampolis, MD, penulis The Doctor on demand Diet, sesuai laporan Prevention.

Berikut manfaat jalan kaki 30 menit setiap hari:

  • Bisa meningkatkan mood Anda.
  • Bisa memicu kreatifitas.
  • Bisa membakar kalori dan menurunkan berat badan.
  • Mengurangi risiko terpapar penyakit kronis.
  • Menjaga bentuk kaki Anda terlihat menarik.
  • Meningkatkan kualitas pencernaan.
  • Melindungi persendian Anda.
  • Bisa meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Memperpanjang harapan usia hidup.
  • Membuat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Bisa meningkatkan mood Anda. “Penelitian menunjukkan bahwa berjalan biasa sebenarnya memodifikasi sistem saraf Anda begitu banyak sehingga Anda akan mengalami penurunan amarah,” ujarnya. “Terlebih lagi, ketika Anda melangkah dengan, katakanlah, pasangan Anda, tetangga, atau teman baik, maka interaksi membantu Anda merasa terhubung, yang bisa meningkatkan mood.”

Bisa memicu kreatifitas. Menurut sebuah studi 2014 di Journal of eksperimental psikologi, belajar, memori, dan kognisi, pergi untuk berjalan-jalan bisa memicu kreativitas. “Peneliti diberikan tes berpikir kreatif untuk subyek sambil duduk dan sambil berjalan dan menemukan bahwa pejalan kaki berpikir lebih kreatif daripada pengasuh, “ kata Dr Jampolis.

Bisa membakar kalori dan menurunkan berat badan. “Ketika Anda terus berjalan, Anda mungkin melihat celana Anda jadi lebih longgar sekitar bagian tengah Anda, bahkan jika nomor pada skala tidak bergerak banyak,” lanjutnya lagi. “Itu karena dengan berjalan biasa dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin, yang dapat membantu mengurangi lemak di perut.”

Ariel Iasevoli, pelatih pribadi di gym Crunch di New York City, menyatakan jika berjalan setiap hari adalah salah satu cara yang paling efektif dampak rendah untuk memobilisasi lemak dan mengubah komposisi tubuh secara baik. “Berjalan kai setiap hari bisa meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ekstra dan dengan mencegah hilangnya otot, yang sangat penting karena kita bertambah tua,” kata Iasevoli. Anda tidak perlu bekerja keras di atas treadmill di gym untuk melihat manfaat ini.

Mengurangi risiko terpapar penyakit kronis. The American Diabetes Association mengatakan berjalan menurunkan kadar gula darah dan risiko Anda secara keseluruhan untuk terpapar diabetes. Para peneliti di University of Boulder Colorado dan University of Tennessee menemukan bahwa berjalan secara teratur menurunkan tekanan darah sebanyak 11 poin dan dapat mengurangi risiko stroke dari 20 persen hingga 40 persen.

Salah satu studi yang paling dikutip pada berjalan dan Kesehatan, diterbitkan dalam sebuah studi 2002 di The New England Journal of Medicine, menemukan bahwa mereka yang berjalan cukup untuk memenuhi pedoman aktivitas fisik (30 atau lebih menit aktivitas moderat pada lima hari atau lebih per minggu) memiliki 30 persen risiko lebih rendah dari penyakit kardiovaskular, dibandingkan dengan mereka yang tidak berjalan kaki secara teratur.

Menjaga bentuk kaki Anda terlihat menarik. “Seiring bertambahnya usia, risiko varises yang tidak sedap dipandang akan meningkat. Namun, berjalan adalah cara yang terbukti untuk mencegah hal ini,” kata Luis Navarro, MD, pendiri, dan Direktur dari The Vein Treatment Center di New York City.

“Sistem vena termasuk bagian peredaran darah yang dikenal sebagai ‘jantung kedua’, yang terbentuk oleh otot, pembuluh darah, dan katup yang terletak di betis dan kaki kita,” jelasnya. “Sistem ini bekerja untuk mendorong kembali darah ke jantung dan paru dan berjalan memperkuat sistem sirkulasi darah sekunder ini dengan memperkuat dan melestarikan otot kaki, yang meningkatkan aliran darah yang sehat.”

“Jika Anda sudah menderita varises, berjalan setiap hari dapat membantu meringankan pembengkakan dan kegelisahan yang terkait di kaki Anda,” kata Dr. Navarro. “Juga, jika Anda secara genetis cenderung memiliki varises dan/atau spider Vein, berjalan setiap hari dapat membantu menunda onset.”

Meningkatkan kualitas pencernaan. “Rutinitas berjalan rutin dapat meningkatkan gerakan usus Anda,” jelas Tara Alaichamy, DPT, terapis fisik di pusat pengobatan kanker Amerika. “Salah satu hal pertama yang harus dilakukan pasien bedah perut adalah berjalan karena menggunakan otot inti dan perut, mendorong gerakan dalam sistem GI kami,” ujarnya lagi.

Melindungi persendian Anda. Berlawanan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, berjalan kaki dapat membantu meningkatkan jangkauan gerak dan mobilitas Anda karena berjalan meningkatkan aliran darah ke daerah tegang dan membantu memperkuat otot sekitar sendi Anda. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa berjalan selama setidaknya 10 menit sehari-atau sekitar satu jam setiap minggu dapat mencegah kecacatan dan arthritis sakit pada orang dewasa yang lebih tua. Manfaat jalan kaki yang jelas luar biasa.

Sebuah studi 2019 April di American Journal of pencegahan Kedokteran diikuti 1.564 orang dewasa yang lebih tua dari 49 tahun dengan nyeri sendi tubuh lebih rendah. Para peserta diminta untuk berjalan selama satu jam setiap minggunya. Mereka yang tidak berjalan selama setidaknya satu jam setiap minggu melaporkan bahwa mereka berjalan terlalu lambat dan memiliki masalah melakukan rutinitas pagi mereka, sementara peserta yang terjebak dengan rutinitas berjalan mereka memiliki mobilitas yang lebih baik.

Bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Ternyata menempatkan satu kaki di depan yang lain dapat membantu mengurangi risiko penyakit. Penelitian dari arthritis Research & Therapy menunjukkan bahwa intensitas tinggi dari berjalan kaki dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh pada orang dewasa yang lebih tua dengan rheumatoid arthritis, penyakit inflamasi yang mempengaruhi sendi.

Studi terbaru dari penyakit pernapasan kronis juga menunjukkan bahwa berjalan dapat membantu pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (COPD) mengurangi risiko morbiditas dan mortalitas. Pasien dengan COPD cenderung kelebihan berat badan atau obesitas karena mereka tidak dapat berolahraga untuk jangka waktu yang lebih lama dan mungkin merasa sulit untuk bernapas selama gerakan intens. Tapi berjalan dapat membantu meningkatkan gejala dan menurunkan risiko untuk penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolik, antara lain.

Memperpanjang harapan usia hidup. Sebuah studi di Journal of American Geriatrics Society menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua, antara usia 70 dan 90, yang meninggalkan rumah dan aktif secara fisik hidup lebih lama daripada mereka yang tidak. Tetap aktif juga membantu Anda tetap terhubung dengan orang yang dicintai dan teman yang dapat memberikan dukungan emosional, yang sangat penting karena usia Anda.

Membuat tidur lebih nyenyak di malam hari. Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda tahu bahwa Anda akan tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal itu karena tidur secara alami meningkatkan efek melatonin, hormon tidur. So, banyak juga ya manfaat jalan kaki yang bisa kita dapatkan. YPWS.