Manfaat Makan Rumput Laut Yang Jarang Diketahui

Rumput Laut, Makanan, Lifestyle
Meski Rumput Laut banyak yang suka, namun cukup jarang orang mau sering memakannya. Manfaat makan rumput laut juga cukup kaya dan jarang diketahui.

Awanjakarta.com – Meski Rumput Laut banyak yang suka, namun cukup jarang orang mau sering memakannya. Manfaat makan rumput laut juga cukup kaya dan jarang diketahui.

Rumput laut sendiri merupakan tumbuhan atau alga yang hidup di perairan laut. Jika Anda adalah penyuka makanan Jepang, maka lembaran nori adalah bentuk olahan lain dari rumput laut yang sangat disukai oleh penduduk negara tersebut. Hal ini sudah digunakan sejak 1500 tahun lalu.

Istilah “rumput laut” sendiri termasuk rancu secara botani karena dipakai untuk dua kelompok “tumbuhan” yang berbeda. Dalam bahasa Indonesia, istilah rumput laut dipakai untuk menyebut baik gulma laut dan lamun. Meski begitu urusan manfaat, jangan ditanya lagi.

Manfaat dari rumput laut memang sangat beragam, dan pastinya bisa bikin tubuh manusia menjadi sehat. Lantas, apa saja yang bisa Anda dapatkan jika hobi mengonsumsinya?

Laman Times of India melansir manfaat makan rumput laut seperti berikut ini:

  • Kulit sehat. Para kaum Hawa pasti bisa sangat menyukai manfaat yang satu ini. Adanya berbagai nutrisi pada makanan ini bisa membantu proses regenerasi sel kulit, dan menyehatkan kulit serta menambah kecantikan kulit.
  • Menurunkan risiko kanker. Makanan ini, utamanya yang berwarna coklat jenis wakame dan kelp memiliki zat bernama glikoprotein. Sangat baik untuk menurunkan risiko kanker karena ia bersifat anti- kanker. Jika Anda bisa mengonsumsi secara rutin, maka tubuh akan menurunkan produksi hormon yang memicu kanker merugikan kesehatan.
  • Mengandung Yodium. Kandungan yodium pada makanan ini bisa didapat dari mineral yang ada di laut. Ia baik bagi kesehatan kelenjar tiroid.
  • Mencegah obesitas. Dalam sebuah studi, diungkap bahwa adanya senyawa fucoxanthin pada rumput laut ternyata bisa melenyapkan lemak di tubuh sehingga efektif menurunkan berat badan.
  • Membuat gigi kuat. Adanya sifat anti-inflamasi atau anti peradangan pada rumput laut yang mencegah munculnya sakit gigi, sebab ia merangsang kelenjar ludah untuk bekerja lebih baik. Saat air liur banyak, maka bakteri tidak tumbuh dengan banyak.
  • Menangkal Influenza. Adanya sifat anti-virus pada tumbuhan ini berguna salah satunya untuk menangkal serangan virus influenza.
  • Pencernaan lancar. Tumbuhan yang terasa kenyal ini juga merangsang produksi enzim di sistem pencernaan sehingga proses penyerapan makanan bisa maksimal. Seratnya bisa membantu proses pengeluaran feses.
  • Diabetes. Zat asam alginat yang terdapat pada benda yang satu ini dapat mengontrol kadar gula utamanya bagi pasien penyakit gula atau diabetes.

Banyaknya manfaat makan makanan ini yang sudah dijelaskan tersebut penting untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga. So, sempatkan mengkonsumsinya jika Anda memang mudah mendapatkannya untuk menu santap bersama keluarga. Awan Jakarta. YPWS.