Manfaat Sushi Bagi Tubuh Yang Masih Jarang Diketahui

Manfaat Sushi Bagi Tubuh Yang Masih Jarang Diketahui. Pic (c) steemit
Manfaat Sushi Bagi Tubuh Yang Masih Jarang Diketahui. Pic (c) steemit

Apakah Anda termasuk pencinta sushi? Patut senyam-senyum sendirian, karena selain lezat, makanan dengan tampilan memikat asal Jepang ini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Bukan hanya bisa membuat lidah bergoyang, tetapi juga bermanfaat bagi organ tubuh lainnya lhoo. Manfaat sushi.

Ada beberapa jenis sushi, tapi pada umumnya sushi tersusun dari nasi yang digulung bersama ikan yang kemudian dilapisi rumput laut kering atau nori. Nah, susunan ini sendiri bisa bervariasi dengan ragam kreasi, misalnya nasi yang berupa nasi cuka atau nasi merah, ikan mentah atau matang, dan tambahan saus atau remah tempura yang memiliki cita rasa tak kalah khasnya.

Embed from Getty Images

Nah, semua komponen sushi tersebut dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut Manfaat Sushi Bagi Tubuh Yang Masih Jarang Diketahui:

  1. Wasabi sebagai Antiradang. Pada sebagian besar menu sushi, penggunaan wasabi sendiri merupakan hal yang lazim sebagai penambah uniknya rasanya. Wasabi merupakan pasta seperti sambal yang terbuat dari tanaman Eutrema japonicum. Walau punya rasa dan aroma yang kuat, wasabi kaya akan beta-karoten, glukosinolat, dan isotiosianat yang bermanfaat untuk antibakteri, antiradang, dan membantu mengecilkan risiko kanker.
  2. Ikan sebagai Sumber protein. Yang namanya ikan memang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh manusia. Dengan pemilihan ikan yang tepat tentunya, sushi bisa menjadi kaya akan omega-3 dan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin D.
  3. Acar jahe yang Kaya mineral. Acar jahe sendiri digunakan sebagai pembersih mulut yang menyegarkan di setiap suapan sushi. Jahe juga sudah terkenal sebagai herba dengan berbagai manfaat sejak dulu. Jahe kaya akan kalium dan magnesium, serta benda ini bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai infeksi yang merugikan. Bisa juga membantu meredakan mual, nyeri otot dan kram akibat menstruasi, serta menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.
  4. Rumput laut yang kaya Serat. Rumput laut kering (nori) yang digunakan pada sushi memang hanya sedikit. Meski sedikit, namun makanan ini menyimpan segudang nutrisi hingga sering disebut sebagai superfood. Bukan hanya kaya akan berbagai mineral (seperti kalsium, besi, iodin, serta vitamin A, C, dan E), rumput laut juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Agar bisa memanfaatkan nori dengan maksimal, Anda bisa memilih menu dengan jumlah nori yang lebih banyak, seperti sup atau salad sebagai pendamping sushi.

BACA JUGA: Daftar Ikan Laut Indonesia Paling Digemari.

Nah, pada saat mengonsumsi sushi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan juga. Pilihlah penyedia sushi yang terpercaya, dan pastikan sushi yang Anda makan memang masih segar dan bersih. Untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dari nasi pada sushi, Anda dapat memilih menu sashimi, yaitu potongan ikan segar yang disajikan tanpa nasi. Demikian info manfaat sushi kali ini. Semoga bermanfaat. Awan Jakarta. YPWS.