Daftar Manfaat Menambahkan Bubuk Merica Dalam Makanan

Daftar manfaat menambahkan bubuk merica ke dalam makanan cukup menarik untuk dicermati bersama. Anda yang gemar melakukan hal ini bisa ikut mengetahui dampak baiknya.
Artikel Kesehatan - Daftar manfaat menambahkan bubuk merica ke dalam makanan cukup menarik untuk dicermati bersama. Anda yang gemar melakukan hal ini bisa ikut mengetahui dampak baiknya.

Awanjakarta.com – Daftar manfaat menambahkan bubuk merica ke dalam makanan jelas tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Bubuk merica kerap jadi salah satu bumbu dapur yang digunakan untuk memberi rasa pedas dan hangat pada makanan. Meski rasanya tak sama seperti cabai, namun merica memiliki kelebihan tersendiri yang bikin cita rasa masakan lebih terasa sedap.

Umumnya yang mudah ditemui dipasaran dan di warung-warung merupakan merica yang sudah halus. Penambahan bahan satu ini kerap bisa sangat banyak dilakukan oleh sebagian orang karena sensasinya yang menyegarkan. Jika terlalu banyak, merica bisa menimbulkan rasa panas pada perut. Jadi jelas, tetap tidak disarankan untuk berlebihan dalam mengonsumsinya.

Bukan hanya urusan menambah rasa saja, ternyata ada beberapa keuntungan lain yang bisa diperoleh jika Anda gemar menambahkan taburan merica ke makanan. Berikut ini penjelasan dalam daftar manfaat menambahkan bubuk merica ke dalam makanan seperti dilansir laman thehealthsite.com:

  1. Untuk menghindarkan kejang. Mereka yang sering mengalami kejang bisa mengonsumsi merica untuk mengurangi kambuhnya masalah ini. Zat piperin yang ada pada merica dapat mengontrol aliran kalsium yang memicu sel saraf melepaskan neurotransmitter. Hal ini bisa mengurangi lonjakan listrik di otak penyebab kejang.
  2. Bisa meringankan parkinson. Dalam sebuah studi diungkap jika zat bernama piperin yang dikandung merica dapat menghentikan enzim yang merusak dopamin. Dopamin sendiri dibutuhkan dalam tubuh dan jumlahnya sedikit sekali pada pasien penderita parkinson.
  3. Bisa meringankan alzheimer. Studi yang telah dipublikasi dalam Journal of Alzheimer Disease mengungkap bahwa merica yang juga termasuk merica hitam, dapat membantu meringankan dan mencegah gangguan Alzheimer.
  4. Bisa mengurangi risiko depresi. Anda yang sering merasa sedih tak terkendali atau merasakan depresi, maka otak Anda sebenarnya kekurangan asupan hormon serotonin. Merica dapat membantu untuk memproduksi hormon tersebut dengan adanya zat piperin.
  5. Obat stroke. Penderita stroke juga bisa ikut mengonsumsi merica untuk membantu mengaktifkan sebagian sisi otak yang sakit. Selain itu, menghirup aroma merica juga ikut disarankan untuk fungsi yang sama.

Jika dirasa penjelasannya masih kurang, Anda bisa menanyakan pada dokter langganan keluarga. Manfaat merica itu sendiri cukup sebanding dengan kelezatannya yang dapat Anda peroleh usai makan. Semoga bermanfaat. Awan Jakarta. YPWS.