Ini Dia Bahaya Makan Mie Instan Tanpa Diseduh Dahulu

54
Ini Dia Bahaya Makan Mie Instan Tanpa Diseduh Dahulu
Ini Dia Bahaya Makan Mie Instan Tanpa Diseduh Dahulu

Awanjakarta.com – Ini bahaya makan mie instan tanpa diseduh yang harus Anda ketahui. Memang menjadi salah satu pilihan yang kerap dilakukan.

Sebagian orang memang jamak mempunyai kebiasaan mengonsumsi mie instant tanpa diseduh. Mereka bahkan kerap mencampurnya dengan bumbu setelah mie diremas terlebih dahulu. Alasan praktis dan lain-lain menjadi dasar kebiasaan tersebut.

Namun perlu diketahui, menurut Dr. dr Rini Sekartini, SpA(K), cara mengonsumsi mie instant seperti itu memiliki efek samping, terutama jika dilakukan oleh anak-anak. Mie instant memang memiliki bentuk penyajian dengan cara diseduh. Jika dikonsumsi langsung tanpa diseduh tentunya akan memiliki dampak merusak bagi tubuh.

“Kalau seharusnya diseduh maka penyajiannya harus diseduh agar bahan tambahan pangan yang disertakan bisa larut dalam air,” buka Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini pada temu media bertajuk ‘Cermati Kandungan Nutrisi Jajanan Anak’ di Jakarta.

Mie Instan harus diseduh

Lebih dari itu, kebiasaan mengonsumsi mie instant tanpa diseduh, membuat penyantapnya teruatama anak mengalami beragam efek buruk baik jangka pendek maupun jangka panjang yang merugikan.

“Efek jangka pendeknya bisa mengakibatkan gangguan saluran cerna, perut kembung, bahkan kalau terlalu sering bisa muntah atau mengalami maag,” lanjutnya lagi.

Ditambahkan, efek jangka panjang makan Mie Instan tanpa diseduh, akan dialami anak-anak ketika dewasa. Salah satu risikonya bisa memicu penyakit kanker. Oleh karena itu ia mengimbau agar mie instant diolah terlebih dahulu seperti saran penyajiannya yang dianjurkan.

“Sajikan sesuai petunjuk penyajian saja. Jika harus diseduh ya diseduh, tentu ada tujuannya,” pungkasnya.

Meski harus diseduh, akan lebih baik lagi jika Anda mengurangi konsumsi mie instan. Akan lebih baik lagi jika Anda menyantap makanan lain yang jauh lebih bergizi seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan makanan lainnya. Bila terpaksa, tetap tidak banyak-banyak. YPWS.