Apa itu Penyakit Meningitis? Anda Wajib Mengetahuinya

150
Apa itu Penyakit Meningitis Anda Wajib Mengetahuinya
Apa itu Penyakit Meningitis Anda Wajib Mengetahuinya

Awanjakarta.com – Penyakit meningitis seperti yang telah dialami oleh almarhum presenter Olga Syahputra saat ini menjadi salah satu jenis penyakit yang ingin diketahui oleh masyarakat. Apa itu penyakit meningitis?

Data meningitis di seluruh Indonesia sendiri masih belum ada yang tepat karena kasus meningitis sering kali disangka sebagai penyakit atau infeksi lain. Jika dilihat dari tingkat fatal penyakit meningitis, penyakit ini patut diwaspadai dan tidak boleh dianggap sepele.

Meningitis sendiri jenis penyakit yang menyerang bagian otak manusia. Penyebabnya adalah infeksi oleh bakteri, virus dan bisa juga jamur, demikian yang tertulis di situs resmi WHO. Berikut beberapa penjelasan seputar Penyakit Meningitis yang perlu Anda ketahui:

Deskripsi yang perlu dikenali terkait Penyakit Meningitis Meningitis terjadi saat ada peradangan di selaput (meninges) yang menyelimuti sistem syaraf, otak, atau sumsum tulang belakang seseorang yang terkena penyakit ini. Biasanya jika terjadi peradangan maka selaput akan mengalami pembengkakan.

Apabila secepatnya diobati, maka penyakit meningitis berpeluang bisa diobati dan penderita bisa sembuh total seperti sedia kala. Namun jika tidak, dapat pula terjadi komplikasi yang membuat penyakit tersebut lebih parah.

Gejala yang perlu dikenali. Secara umum, gejala yang muncul bisa berupa demam tinggi, pusing parah, kaku pada wilayah leher dan pundak, mual dan muntah, silau jika melihat cahaya terang, serta kadang terjadi pula kulit yang kemerahan dan ruam. Yang perlu diketahui, siapa saja bisa mengalami penyakit tersebut, bahkan pada seorang bayi sekalipun.

Obat. Pada beberapa kasus meningitis yang tidak parah, sakit ini bisa sembuh dengan sendirinya apabila daya tahan tubuh seseorang kuat atau dalam kondisi terbaik.

Namun di kasus lain penyakit tersebut bisa berkembang parah hingga menyebabkan kematian atau komplikasi. Untuk mengatasinya biasanya pihak medis akan memberi pengobatan antibiotik tertentu.

Jadi sangat disarankan untuk segera mengobati penyakit meningitis tersebut, agar tak bertambah parah dan menimbulkan komplikasi lain yang tidak diinginkan.

Vaksinasi Penyakit Meningitis. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis vaksin meningitis, yaitu vaksin meningokokus polysakarida dan vaksin meningokokus konjugat. Vaksin meningokokus polysakarida bisa diberikan untuk usia berapa pun dan mampu memberi perlindungan sebesar 90-95 persen.

Untuk anak di bawah usia 5 tahun, vaksin ini dikabarkan bisa bertahan 1-3 tahun. Sedangkan untuk dewasa akan melindungi setidaknya selama 3-5 tahun. Untuk vaksin mengingokokus konjugat hanya untuk usia 11-55 tahun, biasanya diberikan pada jamaah haji dan tidak dianjurkan dijadikan sebagai imunisasi rutin.

Cara terbaik untuk mencegah meningitis adalah dengan menerima vaksinasi yang tersedia. Tetapi karena penyakit ini bisa dibilang jarang, vaksinasi meningitis belum termasuk dalam jadwal vaksin wajib di Indonesia. YPWS.