Penyebab Migren Serta Beberapa Cara Mengatasinya

34
Penyebab Migren Serta Beberapa Cara Mengatasinya
Penyebab Migren Serta Beberapa Cara Mengatasinya

Awanjakarta.com – Migren menjadi salah satu bentuk sakit kepala yang dimulai pada satu sisi dan menetap, berdenyut disertai mual dan muntah.

Migrain atau Migren terjadi disebabkan karena terjadi hiperaktifitas impuls listrik otak yang menyebabkan aliran darah di otak meningkat, dan memicu pembuluh darah otak melebar dan luka radang. aliran darah di otak meningkat, dan dan memicu pembuluh darah otak melebar dan luka radang.

Saat ini banyak obat bebas,  obat bebas atau obat terbatas yang dapat meringankan gejala migrain, namun perlu anda ketahui bahwa belum ada obat yang dapat menyembuhkan migrain.

Ciri – ciri akan terjadinya migren biasanya dimulai oleh bintik – biktik dan kilatan cahaya di penglihatan mata. Migren biasanya terjadi karena stress dan frustasi kadang juga dibarengi oleh jantung berdebar, pusing lihat orang banyak, kembung, cepat marah, mudah tersinggung atau emosi, cenderung depresif dan terkadang susah tidur.

Lantas, faktor apa saja yang bisa memicu datangnya Migren?

Faktor Internal

Adanya peningkatan hormon pada siklus menstruasi dan perubahan metabolisme otak.

Faktor Eksternal

Terjadi karena stress, terlambat makan, perubahan cuaca, kelelahan, merokok, berolahraga terlalu berat, perubahan pola tidur, masalah gigi, sakit kepala dan leher, makanan tertentu, bau-bauan menyengat, cahaya dan terlalu banyak tidur ada juga karena konsumsi obat – obatan ataupun sejenis makanan (bahan – bahan makanan yang di ragi, diasinkan, diasamkan dan juga diasap).

Kurang lebih 70% penderita migren adalah kaum perempuan yang biasanya menstruasi.

Penelitian menemukan bahwa penderita migrain mempunyai tingkat serotonin yang rendah. Dan untuk meningkatkan kadar serotonin, bisa dilakukan dengan konsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti kalkun, ayam, telur, pisang, produk susu, kurma, nasi, gandum, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Tubuh yang cukup mengandung Magnesium akan mencukupkan aliran darah ke otak dan menjaga kadar gula darah tetap normal. Hal ini akan menghindarkan seseorang dari kekambuhan dari penyakit migrain. Makanan yang banyak mengandung Magnesium, diantaranya adalah: sayuran hijau, kacang-kacangan, tomat, biji-bijian, kentang, gandum utuh, oat, kacang polong dan ektra khamir.

Berikut ini cara penanggulangan dini bila migren menyerang:

  1. Kompres dengan air dingin kira – kira 10 menit lalu istirahat sekitar 20 menit bila perlu ulangi kembali.
  2. Bila muntah banyaklah minum terutama soda.
  3. Lindungi mata dari cahaya.
  4. Minum obat penghilang rasa sakit.
  5. Mengunyah  jahe. Mengunyah jahe selama ini diketahui dapat meringankan masalah mual dan gangguan pencernaan yang sering menyertai gejala migrain. Jahe juga diketahui dapat memblokir efek dari prostaglandin, zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak dan memicu migrain.
  6. Perbanyak Minum. Perlu anda ketahui, bahwa jaringan di sekitar otak terdiri dari air, sehingga seseorang yang mengalami dehidrasi akan kehilangan cairan jaringan disekitar otak. Hal ini menyebabkan jaringan tersebut menyusut, iritasi dan nyeri. Agar terhindar dari dehidrasi, Minum antara 1 dan 2 liter air dalam satu hari.
  7. Berhenti Konsumsi Kafein terlalu Banyak. Kafein menyebabkan pembuluh darah di sekitar otak menjadi terlalu terbatas, dan memicu migrain.

Sebaiknya Anda tidak menganggap remeh migren karena dengan penanganan yang tepat maka akan dapat menyembuhkan dengan cepat dan efisien. YPWS.