Tak Mau Pikun di Usia Senja? Ayo Banyak Jalan Kaki

Tak Mau Pikun di Usia Senja Ayo Banyak Jalan Kaki
Tak Mau Pikun di Usia Senja Ayo Banyak Jalan Kaki

Awan Jakarta – Berjalan kaki adalah olahraga ringan dan murah, namun jarang dilakukan oleh masyarakat modern, terlebih di perkotaan. Tak mau pikun di usia senja? Ayo banyak jalan kaki.

Penyakit Demensia (gangguan pikun) sendiri disebabkan oleh kerusakan sel-sel otak yang berfungsi kognitif dan mental, dan berlangsung secara progresif yang mengakibatkan gangguan berpikir, mengingat, mental, emosi dan juga perilaku. Biasanya yang terkena orang usia lanjut, meski tak tertutup juga terjadi pada usia yang lebih muda.

Anda perlu mengenali gejala awal demensia seperti mudah lupa, gangguan dalam berbahasa, disorientasi pada waktu atau tempat atau orang, kesulitan mengambil keputusan, kemunduran (motivasi, inisiatif, minat), serta adanya gejala depresi.

Jika penyakit demensia sudah parah maka akan terjadi ketergantungan pada orang lain dalam hal penderita mengalami sulit makan, tidak kenal anggota keluarga sendiri, sulit menahan buang air kecil dan besar, serta gangguan perilaku yang cukup berat.

Dengan berjalan kaki, maka aliran darah Anda lebih lancar mengalir, dan membuat kesehatan jantung terjaga. Sebuah penelitian terbaru juga ikut mengungkap bahwa jalan kaki ternyata bisa menguatkan kemampuan otak dalam mengingat.

Pikun bisa dihindari dengan berjalan kaki.

Situs Health Me Up mengabarkan, seseorang yang gemar berjalan juga sedikit mengalami masalah berat badan, dan tekanan darahnya cenderung stabil. Jadi bukan hanya bermanfaat bagi fisik, untuk kognitif juga berjalan akan memberi efek positif.

Metode penelitian yang digunakan oleh ilmuwan tersebut adalah dengan melakukan pengamatan pada 25 orang dengan penyakit Alzheimer, serta sejumlah 39 orang yang tidak bermasalah dengan kognitifnya.

Ternyata kebiasaan berjalan kaki partisipan memberi fakta bahwa mereka lebih terhindar dari stroke, nyeri sendi, stres, serta memiliki jumlah hormon endorfin yang lebih banyak ketimbang partisipan yang tidak gemar berjalan kaki.

Resiko terkena penyakit degeneratif otak semisal Alzheimer serta demensia pun jauh lebih rendah daripada orang yang tidak suka berjalan. Dengan memilih lokasi berjalan kaki yang sejuk, segar dan nyaman, Anda pun bisa membantu menenangkan pikiran dan membantu atasi insomnia atau kesulitan tidur. YPWS.