Sakit Tifus? Kenali Makanan yang Harus Dihindari

- Sakit Tifus? Kenali Makanan yang Harus Dihindari

Awan Jakarta – Bisa karena kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang dijajakan pinggir jalan, membuat sakit tifus cukup banyak di Indonesia. Kenali makanan yang harus Anda hindari agar lekas sembuh.

Tingkat kebersihan makanan yang buruk, memudahkan bakteri penyebab penyakit tifus mudah menular. Bakteri tersebut lantas menginfeksi sistem pencernaan tubuh manusia, dan menyebabkan organ pencernaan kemudian terluka.

Saat menderita tifus atau demam typhoid, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari untuk sementara waktu demi mempercepat kesembuhan. Berikut daftar makanan yang sebaiknya Anda hindari bagi penderita tifus:

Buah Asam

Buah dengan cita rasa asam mengandung vitamin C tinggi juga baik dihindari. Jeruk, jambu biji, apel. Nangka dan durian juga baiknya dihindari.

Jenis karbohidrat

Jenis karbohidrat yang dilarang untuk penderita tifus adalah ketan, beras merah, roti gandum, ubi, jagung, singkong, dan sejenisnya. Yang dianjurkan adalah bubur beras, kentang halus, dan roti dengan tekstur yang halus.

Sayur berserat

Misalnya sayur daun singkong, daun pepaya, ketimun, oyong, dan sayur berserat lainnya. Jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, kacang tanah, dan kedelai juga terlarang.

Protein

Makanan sumber protein bertekstur kasar sebaiknya dihindari semisal daging kambing, sapi, ayam, dan ikan asin. Telur dan ikan laut dengan daging halus boleh dikonsumsi.

Sumber lemak

Gorengan adalah salah satu pantangan untuk penderita tifus. Juga makanan dengan kandungan santan yang tinggi harus dijauhi sementara waktu.

Makanan Pedas

Berbagai jenis makanan yang mengandung cabai, bercita rasa pedas adalah hal yang paling dilarang bagi pasien tifus agar pencernaan mereka tak meradang dan makin parah.

Beberapa Jenis Minuman

Jenis minuman seperti teh, kopi, alkohol, soda, dan minuman yang mengandung bahan kimia dan pemanis buatan ada baiknya dihindari. Minuman sehat seperti air putih dan susu adalah pilihan terbaik untuk kesembuhan sakit tifus Anda. YLWS.