Sebelum Beli Kursi Kantor, Perhatikan 7 Hal Penting Ini

Sebelum Beli Kursi Kantor, ada baiknya Anda memang memperhatikan setidaknya 7 hal penting dalam pembahasan ringan kali ini. Pic: cncloans
Sebelum Beli Kursi Kantor, ada baiknya Anda memang memperhatikan setidaknya 7 hal penting dalam pembahasan ringan kali ini. Pic: cncloans

Kursi kantor sendiri masih merupakan salah satu poin penting untuk ruangan kantor dan merupakan tempat dimana Anda menghabiskan waktu paling lama ketika bekerja. Kenyamanan di ruang kerja jelas menjadi sangat penting karena dapat menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

Nah, pemilihan kursi pada kantor menjadi salah satu faktor penting dalam mendesain sebuah ruangnya. Anda harus bisa memilih kursi kantor yang paling baik agar nyaman selama berada di tempat kerja. Pemilihan kursi ini tidak bisa sembarangan, kursi kantor yang baik harus bisa mencegah nyeri punggung yang berbahaya bagi kesehatan.

Bagi Anda yang masih mempertimbangkan untuk memilih kursi kantor yang baik, berikut ada 7 hal penting dalam memilih kursi kantor yang tepat untuk tubuh yang sehat juga:

  1. Pilih kursi dengan sandaran badan sesuai bentuk tulang punggung. Sandaran badan dengan daya pegas merupakan pilihan terbaik jadi bisa menyesuaikan dengan postur badan serta berat badan. Dengan kursi ini Anda dapat menopang dan menempatkan posisi punggung senyaman mungkin. Pilihlah sandaran kursi kantor yang dapat mengakomodasi bentuk tulang punggung dan dapat mengikuti bentuk alami tulang punggung demi hindari kelainan bentuk tulang belakang.
  2. Perhatikan posisi dudukan dan bantalan kursi. Sebisa mungkin bagian panggul pada saat duduk berada tepat pada dudukan sesuai dengan lekukan anatomi tubuh. Jika Anda ingin bekerja secara maksimal, ada baiknya memilih kursi kantor yang punya bantalan empuk.
  3. Perhatikan level ketinggian. Tinggi rendah kursi kantor harus bisa diatur dan disesuaikan sedemikian rupa sehingga telapak kaki dapat menapak dengan nyaman di lantai. Sudut antara tungkai kaki dan paha sebisa mungkin 90° atau mendekati, hal ini agar beban tubuh tidak hanya tertumpu pada betis atau paha. Posisi kaki yang menggantung bsia membuat aliran darah hanya berpusat pada area tubuh yang berada di atas kursi kantor hingga bisa mengganggu kesehatan.
  4. Pilihlah yang memiliki sandaran lengan. Pada saat bekerja di depan komputer maupun laptop, umumnya sisi badan yang seringkali bergerak adalah tangan. Kursi kantor berlengan dapat dijadikan sebagai sandaran tangan pada saat tangan lelah. Posisi yang baik adalah sedapat mungkin lengan bawah membentuk sudut 90° dari lengan atas. Pilih kursi yang sandaran lengannya dapat diatur dengan posisi lengan atas sedekat mungkin dengan badan agar posisi bahu nyaman sehingga mengurangi ketegangan pada sendi bahu dan leher.
  5. Pertimbangkan kursi beroda. Mobilitas Anda dapat terbantu tanpa harus sering berdiri pada saat beraktifitas di ruang kerja. Desain kursi ini juga memudahkan untuk bergeser dari tempat satu ke tempat yang lain dalam ruangan yang sama.
  6. Perhatikan kecocokan dengan meja kerja. Ukurlah tinggi daun meja kerja Anda dari lantai. Jika kamu bekerja menggunakan komputer atau laptop maka lakukan pengukuran pada tinggi layar komputer atau laptop Anda. Coba pada meja kerja agar Anda bisa tahu ukurannya yang sesuai.
  7. Pertimbangkan sandaran kepala. Meski tidak selalu jadi pilihan, pertimbangkan beli kursi kantor dengan sandaran yang tidak hanya mengakomodasi bentuk tulang punggung, tapi juga dapat memanjakan kepala dan leher. Seringkali otot-otot leher terasa kaku dan perlu relaksasi usai bekerja dalam waktu lama. Desain kursi kantor dengan sandaran kepala dapat membuat Anda cepat kembali segar dan dapat bekerja dengan nyaman. Awan Jakarta. YPWS.