Semangka Merah vs Kuning, Apa Hanya Sekedar Beda Warna Saja?

11
Semangka Merah vs Kuning, Apa Hanya Sekedar Beda Warna Saja
Semangka Merah vs Kuning, Apa Hanya Sekedar Beda Warna Saja. Pic: GeniusKitchen

Semangka Merah dan Semangka Kuning memang jelas terlihat berbeda dari soal warnanya. Keduanya sama-sama bisa sangat menyegarkan saat dikonsumsi. Namun apakah mereka hanya diciptakan beda warna saja?

Laman Livestrong mengabarkan jika semangka kuning memang tidak terlalu sepopuler semangka yang berwarna merah. Meski kurang sepopuler saudaranya, namun semangka kuning juga mengandung nutrisi yang tak kalah kayanya.

Dalam satu buah semangka kuning, ada banyak mengandung vitamin A, vitamin C dan beberapa kelompok vitamin B yang diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi semangka kuning ternyata dapat memenuhi 18 persen nilai harian untuk pemenuhan vitamin A juga.

Bukan hanya vitamin, semangka kuning juga dikabarkan mengandung mineral seperti magnesium, besi, potasium, fosfor dan kalsium. Mengonsumsi semangka kuning artinya Anda sudah bisa memenuhi 21 persen dari angka kebutuhan harian untuk kalsium, serta 5 persen nilai kebutuhan harian potasium.

Nah, jika semua itu dapat diserap dengan baik, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Jenis semangka ini juga dinilai sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Semangka kuning punya daging buah yang lebih tebal, sehingga bisa membuat Anda merasa lebih cepat kenyang.

Jika Anda lagi menjalankan program penurunan berat badan, maka semangka kuning adalah pilihan terbaik yang bisa dikonsumsi. Bagaimana tidak, dalam setiap satu porsi semangka kuning hanya mengandung 46 kalori saja.

Disampaikan jika kalori yang ada pada semangka kuning sebagian besar berasal dari kandungan karbohidratnya. Nah, karbohidrat sendiri merupakan sumber utama energi dalam tubuh untuk berkegiatan sehari-hari.

Embed from Getty Images

Semangka Merah yang tak kalah bernutrisi

Lantas, apakah yang merah tidak sekaya itu? Tenaang, saat semangka kuning menjanjikan sejumlah kebaikan, ada perbedaan antara semangka kuning dan semangka merah. Semangka kuning adalah sumber betakaroten dan semangka merah merupakan sumber lycopene.

Nah, baik beta karoten dan lycopene adalah antioksidan, dan dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan juga perlindungan dari penyakit mata. Bukan melulu soal kandungan nutrisi, memilih buah semangka biasanya juga tergantung selera.

Walaupun kedua semangka ini punya rasa yang sangat identik, namun nyatanya banyak orang lebih memilih semangka merah. Semangka merah punya rasa yang jauh lebih segar dan manis. Banyak mengandung vitamin A, B6 dan vitamin C yang tinggi. Warna merah pada semangka ini dihasilkan dari lycopene yang ampuh menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker prostat serta masalah tulang.

Masih kurang? Semangka merah juga punya citrulline, yang merupakan asam amino yang oleh tubuh dapat diubah menjadi jenis asam amino lainnya, yaitu arginin. Nah, kedua jenis asam amino ini bagus untuk aliran darah, yang bisa membantu kesehatan dan sirkulasi kardiovaskular tetap terjaga dengan baik.

Baik semangka kuning maupun semangka merah keduanya kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Pilihan kembali ke Anda sesuai selera dan kebutuhan. Konsumsilah secara rutin agar kebutuhan nutrisi bagi tubuh bisa terpenuhi demi sehat selalu. Semoga info ini bisa bermanfaat. Terima kasih. Awan Jakarta. YPWS. Pic: Genius Kitchen.