Bahaya Sering Tahan Pipis Saat Mudik Lebaran Yang Perlu Diketahui

Bahaya sering tahan pipis saat mudik lebaran yang perlu diketahui sejatinya bukan untuk menakut-nakuti, namun sebagai pengingat dalam kebaikan Anda juga.
Bahaya sering tahan pipis saat mudik lebaran yang perlu diketahui sejatinya bukan untuk menakut-nakuti, namun sebagai pengingat dalam kebaikan Anda juga.

Awanjakarta.com – Bahaya sering tahan pipis saat mudik lebaran kerap dilakukan sebagian orang. Adakalanya terpaksa memilih menahan pipis karena kondisi toilet yang tidak memungkinkan atau tak ditemui saat dalam perjalanan. Meski beberapa orang sanggup menahannya, hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan.

Beberapa alasan yang kerap diutarakan untuk masalah ini bisa karena sulit menepi di kemacetan jalur mudik, tak menemukan rest area, tak menemukan lokasi ‘aman’ untuk pipis, dan lain-lain. Meski begitu, hal ini tidak bisa ditahan terus-menerus.

Berikut ini bahayanya jika Anda sering tahan pipis saat mudik lebaran, sesuai rilis laman Medical News Today, Jumat (08/06/2018) silam:

  • Bisa memicu batu ginjal. Jika terlalu sering tahan pipis maka dapat memicu munculnya batu ginjal. Mengapa bisa terjadi? Sebab dalam urine terdapat uric acid dan kalsium oksalat. Kedua zat ini jika mengendap lama maka akan mengkristal dan menjadi batu yang bisa merugikan kesehatan.
  • Timbulkan nyeri pada kandung kemih dan ginjal. Menahan pipis malah akan menimbulkan rasa nyeri pada kandung kemih. Hal itu disebabkan oleh otot di saluran kemih yang menegang dan mengepal saat tahan pipis saat mudik. Otot itu, meskipun Anda sudah pipis setelah lama menahan, akan tetap menegang selama beberapa waktu dan bisa juga memicu masalah kram.
  • Bisa timbulkan infeksi saluran kemih. Terjadi infeksi di saluran kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri di dalam urine karena lama terkumpul di dalam saluran kemih. Sebetulnya bakteri itu harus dikeluarkan secara rutin setiap Anda pipis, namun jika Anda lama menahan pipis maka bakteri mudah menginfeksi organ tersebut.

Nah, artinya jelas jangan sering menahan kencing sebab akan membuat kesehatan Anda sendiri yang dirugikan. Laman Times of India juga mengabarkan jika untuk membuat Anda tidak seering kencing maka hindari minum minuman teh, kopi, susu, dan es kelapa jika hendak melakukan perjalanan jauh seperti mudik lebaran.

Usahakan duduk dengan posisi yang tidak menekan bagian bawah tubuh, sehingga kandung kemih tidak mengalami tekanan terlalu keras saat berkendara jauh. Berhenti di rest area dan manfaatkan juga untuk buang air kecil selain makan dan tidur sejenak. Semoga selamat sampai tujuan. Awan Jakarta. YPWS.