Perbedaan Sifat Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran

Perbedaan Sifat Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran, termasuk anak tunggal menarik untuk dicermati. Pic: Freepik.
Perbedaan Sifat Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran, termasuk anak tunggal menarik untuk dicermati. Pic: Freepik.

Awanjakarta.com – Karakter anak pertama dan anak terakhir umumnya memiliki perbedaan yang bisa saling melengkapi. Anak tunggal juga tak kalah mempunyai kepribadian tersendiri yang unik. Perbedaan sifat anak berdasarkan urutan kelahiran dalam pembahasan artikel ini sedikit banyak bisa menambah wawasan umum kita semua.

Laman Boldsky telah merilis perbedaan sifat anak berdasarkan urutan kelahiran yang bisa kita cermati bersama:

  1. Karakter umum anak pertama. Berdasarkan riset diketahui jika anak pertama cenderung menjadi orang yang punya orientasi terhadap kekuatan bertahan dan umumnya akan selalu ingin melindungi orang lain. Mereka juga punya karakter pemimpin yang cukup kuat sejak kecil karena seringkali harus mengawasi dan merawat adik-adik mereka. Si sulung ini juga sangat berhati-hati dan punya tujuan yang kuat dalam hidup mereka. Menjadi anak pertama lebih membuat mereka ingin mencapai semua cita-citakan mereka dan jadi yang pertama dalam segala hal.
  2. Karakter umum anak tengah. Si ‘bungsu gagal’ ini juga seringkali disebut sebagai ‘si gerak cepat’.Anak anak tengah umumnya sering terlihat sangat ambisius dalam segala hal sehingga selalu bertindak dengan gerakan cepat dari si sulung atau si bungsu. Anak tengah biasanya memiliki impian yang jauh lebih tinggi dari saudara-saudara lainnya dalam keluarga. Menariknya, anak tengah biasanya yang paling tidak egois. Mereka jadi sering tak dipedulikan karena terlalu cepat memiliki adik, sehingga menjadi orang tangguh yang tidak gampang menyerah. Si anak tengah juga handal sebagai penyeimbang dalam keluarga dan bisa dekat dengan semua saudaranya.
  3. Karakter umum anak bungsu. Anak terakhir umumnya lebih mendapatkan ‘guyuran cinta dan perhatian’ dari keluarga dan malah bisa menjadi hal yang tidak baik juga bagi mereka. Si bungsu cenderung lama untuk tumbuh mandiri karena orangtua yang suka memanjakan mereka. Cenderung punya keinginan untuk melampaui kakak-kakaknya. Anak bungsu juga umumnya yang paling pintar dalam menunjukkan ekspresi diri dan sangat kreatif. Sangat mudah bergaul dengan orang lain, namun kerap ceroboh.
  4. Karakter umum anak tunggal. Umumnya lebih dimanjakan dan tidak punya saingan dalam berebut kasih sayang dari orangtuanya. Bisa jalani kehidupan dengan kasih sayang yang melimpah membuat mereka sangat sadar pentingnya menjadi orang baik dan tidak mengecewakan siapapun dalam hidupnya. Umumnya si anak tunggal lebih perfeksionis dan ingin segala sesuatu bisa berjalan sesuai keinginannya. Kekurangan umumnya adalah sifat egois serta sulit untuk diajak berdiskusi. Awan Jakarta. YPWS. Image: Freepik.