Sperma Ternyata Kesulitan Saat Belok Ke Kanan, Mudah Ke Kiri

48
Sperma Ternyata Kesulitan Saat Belok Ke Kanan, Mudah Ke Kiri
Sperma Ternyata Kesulitan Saat Belok Ke Kanan, Mudah Ke Kiri

Awanjakarta.com – Sperma ternyata kesulitan saat belok ke kanan. Memang terdengar aneh, namun hal tersebut baru terungkap dari satu hasil studi.

Sebuah studi terkini telah mengungkapkan bahwa gerakan sperma yang dikenal lincah, tapi ternyata memiliki kesulitan saat membelok ke kanan.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti dr Vasily Kantsler dari University of Warwick yang mengatakan bahwa ekor spermatozoid bergerak berlawanan dengan arah jarum jam. Sebaliknya, spermatozoid tidak memiliki kesulitan berarti saat harus belok ke kiri.

Untuk berbelok ke kanan, Kantsler mengatakan bahwa spermatozoid harus melakukan gerakan khusus layaknya mengangkat leher. Kantsler juga menyimpulkan bahwa ada dua jenis tipenya berdasarkan gerakannya, pertama yang bisa bergerak ke dua arah, kiri dan kanan, dan kedua yang hanya bisa mengarah ke kiri.

“Melalui analisis 3 dimensi kami menemukan bahwa sel sperma bergerak berlawanan arah jarum jam sehingga membuatnya hanya bisa belok ke kiri,” ujar dr Kantsler dengan yakin.

Masalah spermatozoid saat membelok ke kiri menurutnya mempengaruhi proses pembuahan. Selanjutnya, peneliti akanmerancang percobaan untuk memahami perilaku sel sperma dalam kondisi tertentu. Mereka berniat untuk meneruskan penelitian tersebut.

“Dengan memahami perilaku sperma kami bisa merancang cara untuk meningkatkan efektivitas fertilisasi in vitro,” imbuhnya.

Sebagai pelengkap informasi, berikut ini makanan yang sehat dan bagus dikonsumsi untuk suami, agar menghasilkan sperma yang berkualitas dan berlimpah ruah:

Makan sayuran hijau. Kekurangan asam folat pada tubuh pria bisa mengakibatkan jumlah sperma yang dihasilkan sangat rendah atau tk berkualitas. Ajak suami untuk mulai menyukai sayuran seperti bayam, daun pepaya. Sayuran hijau yang mengandung vitamin C dan E punya beberapa antioksidan yang telah terbukti dapat meningkatkan kualitasnya.

Makan brokoli. Brokoli adalah salah satu sumber terbaik asam folat dan vitamin B yang bisa membantu pria dalam meningkatkan kualitas benihnya.

Makan buah-buahan warna merah. Dalam tomat, semangka, asparagus dan buah-buahan lain yang berwarna merah terdapat zat bermanfaat yang disebut likopen. Jenis antioksidan yang satu ini terbukti dapat mencegah kanker prostat dan juga ikut meningkatkan kualitas sperma pria.

Makan makanan bervitamin D. Pria yang mendapatkan banyak asupan vitamin D mampu menghasilkan sperma berkualitas prima lebih banyak sehingga kemungkinannya untuk membuahi sel telur lebih besar. Hal ini bisa didapatkan dari menyantap telur atau berjemur matahari pagi. YPWS.