Alasan Kenapa Suami Istri Makin Lama Wajahnya Bisa Makin Mirip

Ternyata ada alasan kenapa Suami Istri makin lama wajahnya bisa makin mirip antara satu dengan lainnya. Wah, kenapa bisa begitu ya? Pic: Designbolt
Ternyata ada alasan kenapa Suami Istri makin lama wajahnya bisa makin mirip antara satu dengan lainnya. Wah, kenapa bisa begitu ya? Pic: Designbolt

Adakalanya kita bisa menjumpai pasangan suami istri yang wajahnya kalau diperhatikan bisa makin mirip satu sama lain dari tahun ke tahun. Terlebih jika mereka berdua berfoto bersama, maka aura serta raut wajah yang terpancar terasa ada kemiripan.

Ternyata ada alasan logis serta ilmiah yang membuat pasangan suami istri bisa semakin mirip antara satu dengan lainnya. Ada juga beberapa penelitian yang ikut menguatkan alasan di balik semakin miripnya suami istri.

Embed from Getty Images

Berikut Alasan Kenapa Suami Istri Makin Lama Wajahnya Bisa Makin Mirip, cekidooots:

  1. Efek Mirroring. Pasangan yang punya kedekatan dan ketertarikan yang sama sering mengikuti kebiasaan dan bahasa tubuh satu sama lain. Hal ini disebut dengan mirroring yang menunjukkan kenyamanan emosional dan rasa saling percaya dalam hubungan. Pasangan cenderung mengubah kebiasaan mereka di sepanjang kehidupan pernikahan mereka. Pada saat salah satu pasangan berusaha hentikan kebiasaan buruk dan mulai menjaga pola makan sehat, pasangan biasanya akan mengikutinya juga.
  2. Semakin bahagia pasangan, Semakin mirip wajahnya. Laman brightside.me mengabarkan, Robert Zanjonc seorang psikolog sosial Amerika telah membandingkan beberapa foto pasangan di hari pernikahannya dengan foto mereka 25 tahun kemudian. Penelitiannya membuktikan bahwa meski awalnya suami istri tak mirip satu sama lain, namun sekitar 25 tahun kemudian mereka terlihat bisa sangat mirip. Hasil survei itu juga menunjukkan jika semakin bahagia pasangan, semakin mirip lagi wajah mereka.
  3. Sering melakukan banyak hal bersama. Seiring berjalannya waktu hidup bersama, jelas banyak pengalaman yang mereka lakukan bersama. Pengalaman sedih, bahagia, dan berbagai macam suka dan duka saling melengkapi. Nah, semua pengalaman itu bisa mempengaruhi bahasa tubuh dan kondisi emosi mereka. Bahkan keriput wajah suami istri bisa semakin mirip karena sejarah kehidupan yang sama “tertulis” pada wajah mereka berdua.
  4. Memiliki kekebalan tubuh yang sama juga. Sekelompok ilmuwan menyimpulkan bahwa pasangan yang telah menikah bertahun-tahun bisa punya sistem kekebalan tubuh yang juga sangat mirip. Hal itu kemudian bisa mempengaruhi kebiasaan dan gaya hidup mereka secara keseluruhan juga.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa suami istri bisa punya wajah yang makin mirip satu sama lain. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda memiliki pengalaman yang hampir sama dengan semua situasi yang disebutkan di atas? Warbyasa. Awan Jakarta. YPWS.