Tips Atasi Cemas Berlebihan Yang Wajib Anda Ketahui

31
Tips Atasi Cemas Berlebihan Yang Wajib Anda Ketahui
Tips Atasi Cemas Berlebihan Yang Wajib Anda Ketahui

Awanjakarta.com – Tips atasi cemas berlebihan penting untuk diketahui, terutama untuk Anda yang mudah panik.

Pada kasus yang serius, seseorang yang cemas berlebihan bisa mengalami serangan panik, yang ditandai dengan sesak napas, jantung berdebar, mual, seperti orang yang akan meninggal. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, orang tersebut tidak memiliki indikasi medis apapun.

Masalah hidup sehari-hari kerap memicu seseorang mengalami cemas berlebihan atau panik, meski sesuatu yang dikhawatirkan belum terjadi. Lantas, apa sajakah yang harus dilakukan jika mengalami serangan panik tersebut?

Cemas Berlebihan bisa diatasi dengan terapi relaksasi

Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, dr. Danardi Sosrosumihardji, SpKJ(K), gangguan kecemasan bisa diatasi dengan terapi relaksasi. Seseorang yang merasa cemas bisa mengatur tarikan napas selama tujuh detik lalu dihembuskan.

Terapi relaksasi ini, lanjut dr. Danardi Sosrosumihardji, SpKJ(K) merupakan pertolongan pertama bagi seseorang yang secara tiba-tiba dilanda kepanikan. Cara yang dilakukan juga sangat sederhana.

“Cara ini sangat sederhana bisa dilakukan dalam posisi tidur, duduk, ataupun berdiri,” ujar Danardi di Jakarta.

Ditambahkan juga bahwa gangguan kecemasan seringkali dialami oleh seseorang yang merasa mendapatkan beban hidup melebihi kemampuannya. Orang yang dilanda cemas kerap khawatir secara berlebihan pada sesuatu yang bahkan bisa jadi belum terjadi.

Pada kasus cemas yang mengarah pada depresi berat akibat kejadian tertentu, Danardi menyarankan agar individu tersebut dirujuk ke psikiater untuk diberikan penanganan yang tepat. Penderita tidak perlu merasa malu untuk mendapatkan bantuan dari ahlinya.

“Untuk kasus tertetu seperti skizofrenia atau depresi berat sebaiknya dibawa ke psikiater. Tidak perlu merasa malu karena gangguan kejiwaan seperti cemas dan depresi bisa disembuhkan,” pungkasnya.

Masalah ini memang perlu bantuan dari orang lain juga karena pada dasarnya manusia itu adalah makhluk sosial. Jika Anda terdampak, tidak perlu malu atau sungkan untuk meminta bantuan atau dukungan dari orang disekitar Anda. Jika Anda melihat yang terdampak, aktiflah dalam berikan dukungan bagi penyelesaian masalah yang ia alami. FR.